Liga Indonesia

Liga 1: Persis Solo Siap Bantu Abduh Lestaluhu Balik ke Timnas Indonesia Lagi

Minggu, 6 November 2022 18:55 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/Indosport.com
Bek Bali United, Muhammad Abduh Lestaluhu. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com Copyright: © Nofik Lukman Hakim/Indosport.com
Bek Bali United, Muhammad Abduh Lestaluhu. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Persis Solo puas dengan kinerja  Abduh Lestaluhu selama 11 pekan awal Liga 1 Indonesia 2022-2023. Mereka mematok target membantu sang pemain ke timnas Indonesia lagi.

Abduh merupakan satu-satunya pemain Persis Solo yang selalu tampil dan tak pernah diganti dalam 11 laga di Liga 1. Ia sukses menemukan bentuk permainan terbaik ketika kembali ke kasta tertinggi.

Abduh bukan cuma disiplin menjaga pertahanan, melainkan juga rajin dalam membantu serangan. Makanya, tak mengherankan bila jebolan SAD Indonesia ini selalu mengawali dan mengakhiri laga di dalam lapangan.

Performa menawan yang ditunjukkan Abduh sejatinya bukan kejutan besar. Saat masih berseragam Tira-Persikabo, dia juga tak tergantikan di pos bek kiri.

Namun, ada hal yang beberapa tahun ini tak dirasakan Abduh lagi, yaitu panggilan dari timnas Indonesia. Padahal, namanya selalu masuk dari usia muda sampai era Simon McMenemy pada 2019.

Makanya, Persis punya niatan besar untuk mengembalikan Abduh ke timnas sekali lagi. Saat ini, sektor kiri Skuat Garuda masih dikunci anak muda asal Blora, Pratama Arhan, yang membela Tokyo Verdy.

Asisten pelatih Persis Solo, Rasiman, menilai Abduh Lestaluhu punya segalanya untuk menjadi bek kiri andalan klub serta timnas Indonesia.

"Abduh dulu merupakan pemain timnas. Kami punya target mengembalikan dia ke timnas lagi. Dia punya kualitas, cerdas, dan punya akurasi umpan yang sangat bagus," kata Rasiman.

Liga 1 sedang berhenti sementara imbas Tragedi Kanjuruhan, namun Persis  tetap berlatih seperti biasa. Laskar Sambernyawa bahkan menjaga atmosfer kompetisi dengan melakukan dua uji coba setiap pekan.

Pada momen ini, Rasiman memberi sedikit sentuhan agar Abduh Lestaluhu bisa tampil sempurna dan berpotensi dilirik pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

"Abduh punya semua. Dia cekatan mengambil keputusan dan menguasai aspek taktik. Kami tinggal memoles apa yang sudah dia miliki," jelas Rasiman.