Liga Indonesia

Liga 1: Jadi Sorotan! Wonderkid 15 Tahun Sukses Bantu Persis Menang di Laga Uji Coba

Sabtu, 5 November 2022 17:15 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Subhan Wirawan
© Persis Solo
Uji coba Persis Solo melawan Persiba Bantul di Stadion Sriwedari Solo, Jumat (28/10/22). (Foto: Persis Solo) Copyright: © Persis Solo
Uji coba Persis Solo melawan Persiba Bantul di Stadion Sriwedari Solo, Jumat (28/10/22). (Foto: Persis Solo)

INDOSPORT.COM - Klub Liga 1 Indonesia, Persis Solo sukses menang atas tim Liga 3 DIY, Raga Putra Menoreh 1-0 dalam uji coba di Stadion Sriwedari Solo, Jumat (4/11/22). Menariknya, Arkhan Kaka Putra Purwanto yang baru berusia 15 tahun dijadikan sebagai bomber utama.

Arkhan Kaka mencuri perhatian sepanjang tahun ini. Dia mulai muncul saat membawa Timnas Indonesia menjuarai Piala AFF U-16 2022.

Dalam ajang di Yogyakarta tersebut, Arkhan Kaka mencetak dua gol saat usianya baru 14 tahun. Ketajamannya meningkat ketika mencetak tujuh gol pada kualifikasi Piala AFC U-17 2022 di Surabaya.

Mentalitas dan kualitas yang dipunya Arkhan Kaka membuat Persis Solo memberikan bonus. Putra dari mantan penyerang Timnas, Purwanto Suwondo, diberi kesempatan tampil bersama tim senior.

Arkhan Kaka menjadi satu dari empat pemain Persis Youth yang ditampilkan dalam uji coba melawan Raga Putra Menoreh.

Selain Kaka, masih ada Hugo Samir, Faqih Maulana dan Muhammad Valeron. Meski tak mencetak gol, progres mereka sudah membuat Persis Solo senang.

Dalam uji coba kesembilan selama Liga 1 2022/2023 terhenti, Persis Solo menang satu gol lewat Taufiq Febriyanto. Asisten Pelatih Persis Solo, Rasiman, mengungkapkan alasan terkait kehadiran pilar Persis Youth.

"Ini development yang bagus karena anak-anak ini memang punya potensi, tapi tentu saja tetap harus humble, kerja keras, sehingga dengan begitu mereka bisa fight terus ke level senior," kata Rasiman usai pertandingan.

Rasiman senang ketika Raga Putra Menoreh bisa memberi perlawanan maksimal. Hal itu tak begitu mengagetkan karena tim tersebut berisikan deretan pemain alumni SKO Ragunan.

Raga Putra Menoreh juga bermain lebih bertahan. Meski begitu, ada banyak peluang yang dibuat para pemain Persis Solo, termasuk peluang dari Arkhan Kaka.

"Mereka pemain yang bagus untuk masa depan, tapi pemain youth kita masih harus belajar beberapa aspek, terutama dari sisi taktikal dan kedewasaan bermain," tutur Rasiman.