Liga Indonesia

Liga 1: Ayah Syahrian Abimanyu Ungkap Alasan Eky Taufik Tetap Jadi Kapten Persis Solo

Kamis, 3 November 2022 20:05 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
© PT LIB
Asisten Pelatih klub Liga 1 Persis Solo, Rasiman, menilai Eky Taufik masih pantas menyandang jabatan sebagai kapten tim. Copyright: © PT LIB
Asisten Pelatih klub Liga 1 Persis Solo, Rasiman, menilai Eky Taufik masih pantas menyandang jabatan sebagai kapten tim.

INDOSPORT.COM - Asisten Pelatih klub Persis Solo, Rasiman, menilai Eky Taufik masih pantas menyandang jabatan sebagai kapten tim di kompetisi Liga 1 musim 2022/23.

Meski menit bermain mulai turun, sikap kepemimpinan Eky dinilai oleh ayah Syahrian Abimanyu ini masih dibutuhkan skuad Laskar Sambernyawa.

Eky Taufik tak tergantikan sepanjang Liga 2 2021 lalu. Berbekal jam terbang sebagai bagian dari Persela Lamongan, Eky mengunci posisi bek kanan Persis Solo.

Keberhasilan membawa Persis Solo menjadi juara Liga 2 2021 juga memikat Bali United. Dia bersama Abduh Lestaluhu kemudian dipinjam Bali United dan mengakhiri kompetisi sebagai juara Liga 1 2021/2022.

Namun, ketika Persis Solo sudah di Liga 1, menit bermain Eky menurun. Dia bukan lagi menjadi pilihan utama untuk pos bek kanan.

Total dari sebelas laga yang dijalani Persis Solo di Liga 1 2022/2023, Eky baru bermain enam kali, dengan rincian empat kali starting eleven dan dua kali masuk dari bangku cadangan.

Meski menit bermainnya mengalami penurunan, Eky Taufik tetap didapuk sebagai kapten tim Persis Solo. Ada beberapa hal yang membuat Eky Taufik dipertahankan sebagai kapten.

"Kapten tim kita tetap Eky. Kita menghargainya sebagai legenda dan bagian dari warga Solo Raya. Secara leadership, dia juga pantas menjadi kapten," kata Rasiman.

Rasiman senang dengan bagaimana Eky Taufik bersikap di dalam tim. Bahkan, ketika harus menduduki bangku cadangan, Eky menunjukkan sisi leadership yang bisa menjadi contoh bagi Althaf Indie dkk.

"Walau beberapa momen tidak (masuk) starting eleven, dia juga bisa memberikan teladan bagi para pemain muda untuk bersikap profesional. Itu penting sekali. Saya sangat senang dengan sikap para pemain senior di tim ini," tutur Rasiman.