Piala Dunia 2022

Piala Dunia 2022: Qatar Penuh Kontroversi, FIFA Akhirnya Buka Suara

Minggu, 6 November 2022 14:55 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Isman Fadil
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
FIFA akhirnya membuka suara terkait beragam kontroversi Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
FIFA akhirnya membuka suara terkait beragam kontroversi Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022.

INDOSPORT.COM – FIFA akhirnya membuka suara terkait beragam kontroversi Qatar sebagai tuan rumah ajang Piala Dunia 2022.

Melansir dari Sky News, petinggi FIFA telah menuliskan surat resmi kepada tim-tim sepak bola yang akan berlaga di Piala Dunia 2022 Qatar.

FIFA mendesak para pemain dan staf setiap negara yang bergabung untuk tetap fokus pada turnamen dan tidak memasukkan isu-isu lainnya dalam pertandingan yang akan berlangsung.

Secara eksklusif, Sky News telah melihat isi surat lengkap presiden FIFA, Gianni Infantino dan Sekretaris Jenderal FIFA, Fatma Samoura, yang ditujukkan untuk para pemain.

Salah satu isu yang banyak dikecam dunia terkait dengan Piala Duia Qatar adalah penderitaan pekerja migran yang dianggap ditelantarakan oleh Qatar.

Pekerja migran diduga tidak mendapatkan kesejahteraan selama pembangunan infrastruktur Piala Dunia 2022. Qatar sendiri telah memberlakukan undang-undang pekerja terkait dengan isu ini.

“Tolong, fokus saja dengan sepak bola,” tegas Gianni Infantino dan Samoura kepada 32 kontestan Piala Dunia 2022, termasuk Inggris dan Wales.

“Kami tahu sepak bola tidak hidup dalam ruang hampa dan kami sadar bahwa banyak tantangan dan kesulitan yang bersifat politik di seluruh dunia,” tambahnya.

Presiden FIFA menegaskan untuk tidak membawa-bawa dunia olahraga dengan kisruh politik dan isu yang lainnya saat ini. Infantino hanya ingin fokus dalam menyelenggarakan Piala Dunia 2022.

"Tapi tolong jangan biarkan sepak bola terseret ke dalam setiap pertarungan ideologis atau politik yang ada,” kata Gianni Infantino.