Piala Dunia 2022

Profil Stadion Piala Dunia 2022: Lusail Iconic Stadium, Ikon Kebangkitan Sepak Bola Timur Tengah

Minggu, 6 November 2022 19:50 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Berikut adalah profil salah satu stadion yang akan digunakan untuk menyelenggarakan Piala Dunia 2022, Lusail Iconic Stadium.(Foto: Instagram@lusailstadiumofficial) Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Berikut adalah profil salah satu stadion yang akan digunakan untuk menyelenggarakan Piala Dunia 2022, Lusail Iconic Stadium.(Foto: Instagram@lusailstadiumofficial)

INDOSPORT.COM – Berikut adalah profil salah satu stadion yang akan digunakan untuk menyelenggarakan Piala Dunia 2022, yakni Lusail Iconic Stadium.

Gelaran Piala Dunia 2022 tinggal menunggu waktu untuk dimulai, mengingat ajang paling bergengsi tersebut akan berlangsung dari 22 November hingga 18 Desember 2022.

Tercatat, total ada delapan venue yang akan digunakan untuk menggelar Piala Dunia 2022 di Qatar, salah satunya adalah Stadion Lusail Iconic.

Lusail Iconic Stadium tepatnya berada di kota Lusail, sebuah kota yang memiliki jarak sekitar 23 km dari ibu kota Qatar, Doha.

Stadion yang terletak di Doha tersebut juga merupakan salah satu venue dengan kapasitas terbesar di Piala Dunia 2022 Qatar, dengan menyediakan sekitar 80 ribu kursi.

Sebagai tambahan informasi, nantinya Stadion Lusail akan digunakan untuk menjalankan pertandingan babak penyisihan Grup C, G, dan H Piala Dunia 2022.

Tak hanya itu, Lusail Iconic Stadium juga sebagai tempat berlangsungnya babak 16 besar, perempat final, semifinal dan partai final Piala Dunia edisi tahun ini.

Di sisi lain, pembangunan stadion tersebut memakan waktu empat tahun, dari 11 April 2017, serta selesai pada April 2021, serta diresmikan pada 23 November 2021 lalu.

Hal tersebut dilakukan oleh Qatar, mengingat salah satu negara di Timur Tengah ini terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia sejak 2010 silam.

Sehingga, Lusail Iconic Stadium dianggap sebagai ikon dan tonggak kebangkitan sepak bola Timur Tengah. Bahkan, stadion ini memiliki kontruksi bangunan yang unik.