In-depth

Profil Leonardo Medina, Pelatih Meksiko Bermental Juara yang Tukangi Persis Solo di Liga 1

Senin, 7 November 2022 09:42 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Subhan Wirawan
© instagram.com/medinaleonardo9
Profil Leonard Medina Arellano, pelatih asal Meksiko yang resmi jadi nakhoda baru Persis Solo dan akan memimpin Laskar Sambernyawa di Liga 1 Indonesia. Copyright: © instagram.com/medinaleonardo9
Profil Leonard Medina Arellano, pelatih asal Meksiko yang resmi jadi nakhoda baru Persis Solo dan akan memimpin Laskar Sambernyawa di Liga 1 Indonesia.

INDOSPORT.COM - Berikut profil Leonardo Medina Arellano, pelatih asal Meksiko yang resmi jadi nakhoda baru Persis Solo dan akan memimpin Laskar Sambernyawa pada lanjutan Liga 1 Indonesia 2022/2023.

Perkenalan Leonardo Medina dilakukan Persis Solo pada Minggu (6/11/22) malam. Perkenalan ini sejatinya terbilang "telat" karena suporter Persis Solo sudah lama mengetahui sosok Leonardo.

Dalam sebulan ini, Leonardo sudah mendampingi tim di setiap latihan, termasuk Lapangan Banyuanyar serta Lapangan Sriwaru yang bisa disaksikan para suporter. Ia memimpin sesi latihan bersama sang asisten, Rasiman.

Banyak pihak mempertanyakan keputusan Persis Solo untuk merekrut Leonardo. Pasalnya, pengalaman pelatih asal Meksiko ini terbilang belum banyak.

Meski pernah berprestasi bersama Johor Darul Takzim, namun posisinya merupakan asisten pelatih. Sementara posisi pelatih kepala ditempati Benjamin Mora.

Benjamin Mora sendiri memutuskan pulang ke Meksiko meski masuk dalam radar pelatih Persis Solo. Mora memilih pulang karena mendapat tawaran menggiurkan dari tim Liga MX atau Liga 1 Meksiko, Atlas FC.

Selama menukangi Johor Darul Takzim, Leonardo turut membantu Benjamin Mora membawa skuad Harimau Selatan menjuarai Malaysia Super League serta bermain di Liga Champions Asia.

Selain bersama Johor Darul Takzim, tak banyak catatan prestasi mengenai Leonardo Medina, terutama bersama tim yang berada di kasta tertinggi sebuah negara.

Bila melansir Transfermarkt, sebelum ke Asia Leonardo pernah menjadi direktur olahraga Real Zamora, direktur akademi Monarcas Morelia hingga menjadi asisten pelatih Tiburones Rojas.

Makanya, tak mengherankan jika banyak yang berpikir bahwa Leonardo didatangkan sebagai "pendamping" Rasiman.

Rasiman sendiri tak bisa jadi pelatih kepala karena baru memiliki lisensi A AFC. Sementara Leonardo punya UEFA Pro atau setara dengan AFC Pro.