Bola Internasional

Jangan Salah Pilih! 3 Negara Ini Cocok untuk Ronaldo Kwateh Jika Main di Luar Negeri

Kamis, 10 November 2022 09:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© REUTERS/Chalinee Thirasupa
Selebrasi Ronaldo Kwateh usai mencetak gol pertamanya antara Indonesia vs Malaysia di Stadion Viet Tri - Viet Tri, Vietnam 2022. Foto: REUTERS/Chalinee Thirasupa Copyright: © REUTERS/Chalinee Thirasupa
Selebrasi Ronaldo Kwateh usai mencetak gol pertamanya antara Indonesia vs Malaysia di Stadion Viet Tri - Viet Tri, Vietnam 2022. Foto: REUTERS/Chalinee Thirasupa

INDOSPORT.COM - Ronaldo Kwateh tidak boleh salah pilih negara, jika ingin berkarir di luar negeri. Sebab, track record suatu negara juga harus dipertimbangkan.

Ada negara yang tertarik mendatangkan pemain Indonesia, tetapi hanya sebagai pendongkrak followers. Pemain tidak diberikan jam terbang oleh timnya.

Namun, ada pula negara yang memberikan kepercayaan pada pemain asing, termasuk para pemain Indonesia untuk merumput.

Beberapa waktu terakhir, santer dikabarkan jika pemain timnas Indonesia U-20, Ronaldo Kwateh dilirik oleh tim luar negeri. Ia kerap mendapat pujian dari para talent scouting.

Ronaldo Kwateh juga mencuri perhatian media Prancis saat ia tampil membela Indonesia di Toulon Tournament 2022.

"Dapatkah kamu bicara tentang Ronaldo Kwateh, karena dia adalah bintang besar di Indonesia," ujar salah satu wartawan pada pelatih pendamping, Dzenan Radoncic.

"Saya tidak ingin memanggilnya bintang besar. Dia masih muda, saya tidak ingin dia terbang tinggi," sahut Radoncic kala itu.

"Dia harus menunjukkan di lapangan dulu, harus melakukannya di lapangan, seperti para Ronaldo lainnya," lanjut Radoncic, yang diiringi dengan tawa wartawan.

Ya, Ronaldo yang dimaksud tentu saja adalah pesepak bola terbaik dunia, yaitu Ronaldo Nazario dan Cristiano Ronaldo.

Jika Ronaldo Kwateh ingin menyusul Ronaldo lainnya, berikut rekomendasi negara yang dapat menjadi pelabuhannya jika berkarier di luar negeri.