Piala Dunia 2022

Piala Dunia 2022: Leon Goretzka Sayangkan Pernyataan Duta Besar yang Sindir Homophobia

Kamis, 10 November 2022 18:26 WIB
Penulis: Lukman Hadi Subroto | Editor: Isman Fadil
© Reuters/Leon Kuegeler
Leon Goretzka mengkritik duta besar Piala Dunia 2022 Khalid Salman yang menyebut homoseksual adalah simbol kerusakan berpikir. Copyright: © Reuters/Leon Kuegeler
Leon Goretzka mengkritik duta besar Piala Dunia 2022 Khalid Salman yang menyebut homoseksual adalah simbol kerusakan berpikir.

INDOSPORTS.COM - Gelandang Bayern Munchen dan timnas Jerman Leon Goretzka mengkritik duta besar Piala Dunia 2022 Khalid Salman yang menyebut homoseksual adalah simbol kerusakan berpikir.

Eks pemain Schalke 04 tersebut merasa perkataan yang dikeluarkan oleh Khalid Salman sangat tidak pas dan menyingung perasaan sebagian orang yang termasuk dalam komunitas LGBT.

Leon Goretzka merasa gerah karena sang duta besar memberikan komentar terkait kaum pelangi tersebut dengan perkataan yang kasar, seperti 'menindas' dan 'milenuim yang berbeda'.

Khalid Salman yang merupakan mantan pemain timnas Qatar mengatakan di media Jerman ZDF bahwa ia memiliki masalah terhadap orang dengan kelainan seksual, seperti homoseksual.

Ia menambahkan bahwa pria dan wanita yang suka sesama jenis atau homoseksual merupakan individu yang telah rusak pikiran dan rohaninya.

Pernyataan tersebut yang membuat gelandang Bayern Munchen tersebut merasa tersinggung, meskipun ia bukan bagian dari komunias LGBT.

"Bukan itu yang ingin kami perjuangkan dan apa yang kami contohkan. Sama sekali tidak dapat diterima untuk membuat pernyataan seperti itu," kata Goretzka setelah pertandingan melawan Werder Bremen di Bundesliga Selasa malam.

Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa lebih suka bersaing di turnamen sepak bola yang aman dari pada harus berseteru dengan pihak lain.

"Saya lebih suka bersaing di Piala Dunia pada puncak karir saya di negara yang berbeda. Fakta bahwa situasi hak asasi manusia di suatu negara bukan bagian dari kriteria penawaran adalah kesalahan besar, dan itu membuat kami marah," ungkapnya.

Perlu diketahui bahwasanya, Goretzka merupakan salah satu pemain yang sangat sadar akan isu-isu sosial di Bundesliga. Salah satunya adalah ketika wabah Covid-19 melanda dunia, ia bersama Joshua Kimmich melakukan aksi sosial untuk membantu sesama.