Liga Indonesia

Kisah Aremania Sidoarjo Ikut Aksi Usut Tuntas Tragedi Kanjuruhan dengan Kaki Terluka

Jumat, 11 November 2022 07:45 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© Ian Setiawan/INDOSPORT
M. Anugrah Bustam, Aremania Sidoarjo yang ikut aksi di balai kota meski jadi korban Tragedi Kanjuruhan. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
M. Anugrah Bustam, Aremania Sidoarjo yang ikut aksi di balai kota meski jadi korban Tragedi Kanjuruhan.

INDOSPORT.COM - Ada pemandangan menarik dalam aksi turun ke jalan yang dilakukan Aremania bertepatan dengan 40 hari Tragedi Kanjuruhan, Kamis (10/11/22).

Dari ratusan massa yang berpartisipasi, keberadaan M. Anugrah Bustam langsung mencuri perhatian awak media yang melakukan peliputan.

Bustam ikut aksi turun ke jalan bersama Aremania lain di Balai Kota Malang kendati kondisi kesehatannya sangat tidak mendukung.

Mengenakan kaos bertuliskan Usut Tuntas, Bustam tidak kalah semangat meneriakkan setiap orasi yang keluar dari mulut koordinator aksi di depan balai kota.

Padahal, kondisinya cukup memprihatinkan. Bustam hanya duduk di kursi roda, dengan kaki kiri terluka yang dibalut dengan jaketnya.

"Saya datang ke sini memang keinginan sendiri. Saya tak peduli dengan kondisi saya," ucap dia ketika ditanyai awak media di ruang lobi Balai Kota Malang.

Tujuannya sama dengan seluruh Aremania di Malang, yakni bagaimana caranya untuk mengawal pengusutan Tragedi Kanjuruhan hingga tuntas. 

"(Teman-teman) yang meninggal dunia itu kan belum mendapatkan keadilan. Harapannya usut Tragedi Kanjuruhan sampai tuntas lah," imbuh dia.

Niat Bustam memang sudah 100 persen untuk terlibat dalam aksi turun ke jalan yang dilakukan Aremania. Dia bahkan rela datang jauh-jauh dari Sidoarjo bersama dua rekannya.

"Saya datang di Malang sejak Selasa (8/11/22). Lalu ikut (40 hari) di Kanjuruhan. Tadi juga ikut (aksi berjalan kaki) didorong teman-teman," jelas Bustam.