Piala Dunia 2022

Chile Tak Lolos Piala Dunia 2022, Javier Roca Alihkan Dukungan ke Argentina

Minggu, 13 November 2022 16:36 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Pelatih arema fc, Javier Roca. Foto: Ian Setiawan/INDOSPORT Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Pelatih arema fc, Javier Roca. Foto: Ian Setiawan/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Kegagalan Chile menembus putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar praktis menimbulkan kekecewaan kepada seluruh warga negaranya, tak terkecuali Javier Roca. 

Pelatih yang kini menukangi Arema FC tersebut lahir di Ibu kota Chile, Santiago, 45 tahun silam. Tak heran bila dia sangat mendukung negaranya berlaga di Piala Dunia.

Kendati demikian, bukan berarti Javier Roca tidak mempunyai tim unggulan di Piala Dunia 2022 di Qatar yang akan dimulai satu pekan lagi.

"Ada dua negara tetangga kami di Chile, yang berpeluang (memenangi Piala Dunia Qatar)," ujar Javier Roca ketika menghadiri peringatan 40 hari Tragedi Kanjuruhan, Rabu (9/11/22).

"Dua negara yang punya jumlah penduduk lebih dari 200 juta, lebih banyak daripada kami. Tim nasional mereka juga bagus," sambung eks Pelatih Persik Kediri tersebut.

Mengacu kepada sejarah sepak bola Amerika Latin di Piala Dunia, dua negara tetangga Chile yang dimaksud tak lain adalah Brasil dan Argentina.

Dua negara dengan kultur sepak bola yang ketat itu memang sama-sama kuat di kawasan Amerika Latin. Keduanya juga konsisten melahirkan bintang top sepak bola dunia.

"Saya pikir Argentina memiliki peluang lebih besar (dibanding Brasil untuk menjuarai Piala Dunia 2022)," sebut Javier Roca.

Lantas, apa pertimbangan Roca lebih mendukung Argentina? Padahal dari tradisi juara, Brasil jelas berada dalam status unggulan.

"Karena Argentina punya kekompakan tim. Bahkan sejak Copa America 2021, mereka belum tersentuh kekalahan dalam 23 laga," tambah dia.