In-depth

3 Resep Sukses Napoli Rajai Italia dan Eropa Musim Ini: Bos Klub Juga Punya Andil

Senin, 14 November 2022 12:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Reuters/Ciro De Luca
Napoli sedang dalam tren apik baik di Italia maupun Eropa. Foto: REUTERS/Ciro De Luca. Copyright: © Reuters/Ciro De Luca
Napoli sedang dalam tren apik baik di Italia maupun Eropa. Foto: REUTERS/Ciro De Luca.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Italia (Serie A), Napoli, masih berjaya di puncak klasemen usai menekuk Udinese 3-2 pekan lalu.

Sampai tulisan ini dibuat, Partenopei masih memimpin klasemen dengan raihan 41 poin dari 15 laga. Posisi mereka terus dikejar AC Milan di peringkat kedua dengan 33 poin dari jumlah laga yang sama.

Namun bukan hanya di Italia, klub asal Naples ini juga berjaya di level Eropa dengan memenangkan lima pertandingan grup Liga Champions 2022-2023.

Mereka bisa saja menyapu bersih seluruh kemenangan di Grup A andai tidak dikalahkan Liverpool 2-0 saat matchday terakhir.

Tidak ayal, Napoli pun digadang-gadang sebagai klub yang tengah tampil on fire. Lantas, ada resep apa sebenarnya di balik keberhasilan anak-anak asuh Luciano Spalletti berjaya di Italia dan Eropa saat ini?

Aurelio De Laurentiis

Aurelio De Laurentiis termasuk sosok yang kerap mendapat kritik atas sejumlah kebijakan yang ia ambil sebagai pemilik klub.

Salah satunya adalah memberi lampu hijau untuk penjualan Kalidou Koulibaly, pemain yang memiliki peran krusial di tim.

Namun bukan hanya itu. Aurelio De Laurentiis juga mengambil keputusan besar melepas pemain lain seperti David Ospina, Lorenzo Insigne, dan Dries Mertens.

Akan tetapi, kepergian para pemain yang memiliki rataan usia berkepala tiga ini, dibayar lunas dengan perekrutan sejumlah amnunisi baru - yang ternyata sangat menjanjikan.

Ya, sebut saja Khvicha Kvaratskhelia. Meski namanya cukup sulit diingat, penyerang asal Georgia ini langsung ngegas dengan menasbihkan namanya di daftar top skor sementara Liga Italia 2022-2023 walau masih jadi 'anak bawang'.