Bola Internasional

Thailand Terancam Pincang di Piala AFF 2022, Kesempatan Emas Indonesia?

Senin, 14 November 2022 14:37 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Indra Citra Sena
© Changsuek_TH
Thailand terancam kehilangan beberapa pemainnya di Piala AFF 2022. Lalu, apakah ini menjadi kesempatan emas bagi Indonesia? Copyright: © Changsuek_TH
Thailand terancam kehilangan beberapa pemainnya di Piala AFF 2022. Lalu, apakah ini menjadi kesempatan emas bagi Indonesia?

INDOSPORT.COM – Thailand terancam kehilangan beberapa pemainnya di Piala AFF 2022. Lalu, apakah ini menjadi kesempatan emas bagi Indonesia?

Gelaran bergengsi se-Asia Tenggara, Piala AFF akan diselenggarakan pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023. Indonesia sendiri tergabung di Grup A bersama dengan Thailand.

Pada edisi tahun lalu, Thailand tampil sebagai juara Piala AFF dengan mengalahkan Indonesia dalam dua leg pertandingan. Kala itu, The War Elephants digawangi beberapa pemain top seperti Chanathip Songkrasin.

Kali ini, Thailand terancam gagal dibela beberapa pemain andalannya. Pasalnya, beberapa klub belum memberikan izin pemainnya untuk tampil di Piala AFF.

Tentu hal ini disebabkan oleg Piala AFF bukan merupakan turnamen resmi FIFA. Jika beberapa pemain andalannya gagal bergabung, bisa jadi Thailand terancam pincang di turnamen akhir tahun ini.

Melansir The Thao 247, pelatih Thailand, Alexandre Polking telah memanggil 75 pemain untuk mengikuti seleksi masuk timnas Thaiand.

Namun, hingga kini Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT) hanya mengonfirmasi bahwa 40/75 pemain dalam daftar itu yang diizinkan kembali ke tim nasional oleh klub.

“Baru-baru ini, banyak klub Liga Thailand telah mengizinkan 40 pemain untuk berkumpul bersama tim Thailand. Beberapa klub tida mengizinkan karena ajang ini bukan kalender FIFA,” kata Sekretaris Jenderal FAT Patit Suphaphong.

“Terima kasih kepada klub yang memberikan izin. Federasi Sepak Bola Thailand memahami dan menghormati keputusan klub,” tambahnya.

Sementara itu, pendaftaran terakhir setiap tim untuk Piala AFF adalah pada 20 November mendatang. Tentu hal ini membuat Alexandre Polking kesulitan karena minimnya pilihan pemain.