Liga Indonesia

PSSI Buru-buru Gelar Kongres Luar Biasa, Umuh Muchtar: Lebih Cepat Lebih Baik

Selasa, 15 November 2022 08:55 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Indra Citra Sena
© Arif Rahman/INDOSPORT
Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar. Foto: Arif Rahman/INDOSPORT Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar. Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar, menilai positif dipercepatnya Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI menjadi 16 Februari 2023.

Sebagai informasi, PSSI akan mempercepat KLB dari jadwal yang telah ditentukan. Federasi melaksanakan Kongres Luar Biasa pada 16 Februari 2023.

Jadwal ini, lebih cepat dari jadwal awal yang ditentukan pada Maret 2023. Percepatan ini setelah PSSI mendapat surat balasan dari FIFA, bahkan mereka langsung menggelar Rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI pada Kamis (10/11/22).

Dari rapat inilah lahir keputusan Kongres Luar Biasa untuk pemilihan Ketua Umum, Wakil Ketua Umum dan anggota Komite Eksekutif lebih cepat.

Pada surat FIFA yang dikirimkan ke PSSI, FIFA menginginkan Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP) dilakukan pada 14 Januari 2023. 

PSSI juga diminta menetapkan untuk Kongres Luar Biasa (KLB) Pemilihan Eksekutif Komite (Ketum, Waketum, anggota Komite Eksekutif) digulirkan pada 16 Februari 2023.

"KLB menurut saya lebih cepat lebih baik ya karena Ketua Umum (Mochamad Iriawan) sudah bagus ya, Pak Iwan (sapaan akrab Mochamad Iriawan) sudah akan KLB. Jangan teriak-teriak lagi sekarang," kata Umuh Muchtar.

Pria yang akrab disapa Pak Haji ini menuturkan, dengan dipercepatnya KLB PSSI diharapkan bisa membawa dampak positif, di antaranya bagi kompetisi sepak bola Indonesia.

"Kalau tidak cepat KLB bagaimana ini Liga, sebelum KLB bisa berjalan nggak mungkin Liga begitu kan. Sambil KLB belum, Liga bisa jalan siapa yang tanggung jawab," ungkapnya.