Liga Indonesia

6 Bulan Menuju Piala Dunia U-20, Exco PSSI: Stadion Si Jalak Harupat Paling Krusial

Sabtu, 19 November 2022 19:44 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Arif Rahman/INDOSPORT
Timnas Indonesia vs Bangladesh di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Rabu (01/06/22). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Timnas Indonesia vs Bangladesh di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Rabu (01/06/22).

INDOSPORT.COM - Salah satu anggota Exco PSSI, Endri Erawan menjelaskan Stadion Si Jalak Harupat jadi venue yang butuh renovasi paling banyak untuk Piala Dunia U-20 2023. Itu berdasarkan hasil inspeksi FIFA beberapa waktu lalu.

Stadion Si Jalak Harupat harus berbenah mulai dari fasilitas seperti ruang ganti, lapangan hingga berkaitan dengan keamanan. Jadi, pihak PUPR akan melakukan pekerjaan mulai bulan ini.

"Stadion paling jadi sorotan itu Si jalak Harupat. Itu berkaitan dengan security, kelengkapan stadion juga seperti ruang ganti. PUPR akan masuk (renovasi) ke sana duluan," jelas Endri Erawan.

Seperti diketahui, Piala Dunia U-20 2023 dijadwalkan berlangsung pada 20 Mei-11 Juni 2023. Ada enam kota yang menjadi tuan rumah yakni Jakarta, Bandung, Palembang, Bali, Surabaya dan Solo. 

Selain Si Jalak Harupat, ada lima stadion lain yang ditetapkan FIFA yakni Gelora Bung Karno, Gelora Bung Tomo, Manahan, Kapten I Wayan Dipta dan Jakabaring.

Sebagian besar stadion yang akan dipakai di ajang Piala Dunia U-20 2023 mendatang dinyatakan sudah dalam kondisi siap.

Tapi, karena event tersebut ditunda dari tahun 2021 ke 2023, maka beberapa stadion dipakai terlebih dahulu oleh klub untuk berlaga di kompetisi Liga 1 2021-2022.

Beberapa stadion yang dipakai klub adalah Manahan (Persis Solo), Kapten I Wayan Dipta (Bali United) dan Gelora Bung Tomo (Persebaya Surabaya).