In-depth

Menebak Starting XI Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 Usai Sandy Walsh dan Jordi Amat Resmi WNI

Sabtu, 19 November 2022 20:38 WIB
Editor: Juni Adi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Jordi Amat dan Sandy Walsh di Kemenhukam didampingi oleh Ketum PSSI Mochamad Iriawan, Kamis (17/12/22). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Jordi Amat dan Sandy Walsh di Kemenhukam didampingi oleh Ketum PSSI Mochamad Iriawan, Kamis (17/12/22). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Sandy Walsh dan Jordi Amat bisa membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, setelah proses naturalisasinya rampung. Bagaimana kekuatan Skuad Garuda?

Kabar baik tengah menghampiri sepak bola Indonesia, setelah proses naturalisasi dua pemain keturunan Sandy Walsh dan Jordi Amat rampung dilakukan.

Kedunya kini resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), usai melakukan sumpah di Kantor Wilayah Kemenkumham, Jakart,a Kamis (17/11/22) lalu.

Sandy dan Jordi didampingi oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan atau karib disapa Iwan Bule dalam acara tersebut.

Proses pengambilan Sandy dan Jordi dilakukan bersamaan mulai pukul 13.00 WIB secara tertutup. Sandy dan Jordi nampak memakai peci dan jas hitam selama agenda berlangsung.

Acara pelantikan pewarganegaraan Sandy Walsh dan Jordi Amat dimulai dengan lagu Indonesia Raya. Baik Jordi Amat dan Sandy Walsh dengan lantang menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia tersebut.

"Demi Tuhan yang maha Esa, saya menyatakan, dan berjanji dengan sungguh-sungguh melepaskan seluruh kesetiaan saya kepada kekuasaan asing, 

"Mengakui, tunduk dan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pancasila, dan Undang Undang Dasar negara Republik Indonesia tahun 1945," ucap keduanya saat membacakan sumpah.

Proses naturalisasi keduanya tidak berjalan mudah. Sejumlah kendala dihadapi hingga dokumen sempat tertahan di beberapa pihak, sebelum akhirnya kini Sandy dan Jordi resmi WNI.

Kabar ini pun jadi angin segar bagi timnas Indonesia. Sebab kekuatan tim besutan pelatih Shin Tae-yong itu akan bertambah dengan kehadiran dua pemain naturalisasi baru, terutama untuk bersaing di turnamen terdekat Piala AFF 2022. Bagaimana prediksi starting XI-nya?