Liga Indonesia

Sinyal Liga 1 Mulai Lagi Desember, Begini Kata Kim Kurniawan

Sabtu, 19 November 2022 09:15 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© PSS Sleman
Gelandang PSS Sleman, Kim Kurniawan. Foto: PSS Sleman. Copyright: © PSS Sleman
Gelandang PSS Sleman, Kim Kurniawan. Foto: PSS Sleman.

INDOSPORT.COM - Gelandang PSS Sleman, Kim Jeffrey Kurniawan, menyambut positif sinyal kompetisi Liga 1 2022/2023 mungkin akan berlanjut pada bulan Desember setelah PT Liga Indonesia Baru (LIB) menemui Menpora Zainudin Amali, Jumat (18/11/22).

Tahapan memulai kompetisi sejatinya masih sangat panjang. Liga tak bisa serta merta langsung berjalan setelah bos-bos PT LIB menemui Zainudin Amali.

Kemenpora juga perlu berkoordinasi dengan kementerian yang lain, termasuk Polri, untuk melanjutkan kompetisi Liga 1. Namun, ada keinginan bahwa kompetisi jalan sebelum Piala AFF 2022 dimulai.

Piala AFF yang menggunakan sistem kandang dan tandang akan dimulai pada 20 Desember 2022. Liga 1 diharapkan bisa menjadi pemanas mesin bagi Ricky Kambuaya dkk.

Terkait kemungkinan itu, Kim Kurniawan berharap kabar baik itu benar. Pasalnya, para pemain sudah gatal untuk berkompetisi lagi setelah enam pekan tanpa kompetisi.

"Semua pemain sudah berharap kompetisi segera bergulir. Mudah-mudahan ini terjadi," kata Kim Kurniawan, Jumat (18/11/22).

Kim mengatakan, meski PSS Sleman baru saja libur tujuh hari, kondisi para pemain tak menurun. Pasalnya, sejak 2 Oktober lalu, PSS rutin berlatih dan uji coba.

Total ada lima uji coba yang dilakoni skuat Seto Nurdiyantoro. PSS menjajal empat tim Liga 3 di Lapangan Pakembinangun dan satu tim Liga 2 di Boyolali.

Ketika pelatih memberi libur, para pemain juga menjaga kondisi sendiri. Maka, Kim Kurniawan menggaransi bahwa PSS siap tempur ketika Liga 1 dimulai dalam waktu dekat.

"Saya pikir PSS akan siap. Kita pemain bugar dan dalam kondisi siap karena latihan terus. Tidak masalah kapan akan dimulai, kita akan siap," tutur Kim.