Liga Indonesia

Persis Solo Masih 'Baper' dengan Jamuan Khusus Johor Darul Takzim

Minggu, 20 November 2022 20:10 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
© Persis Solo
Manajemen bersama tim pelatih Persis Solo saat mengunjungi Stadion Sultan Ibrahim, Johor Bahru, Jumat (11/12/22). Copyright: © Persis Solo
Manajemen bersama tim pelatih Persis Solo saat mengunjungi Stadion Sultan Ibrahim, Johor Bahru, Jumat (11/12/22).

INDOSPORT.COM - Klub Liga 1, Persis Solo benar-benar dibuat 'baper' oleh Johor Darul Takzim (JDT). Laskar Sambernyawa diperlakukan dengan luar biasa dan pulang ke Indonesia membawa banyak ilmu penting.

Persis Solo mendapat undangan khusus untuk datang ke Johor Bahru. Eky Taufik dkk. berada di kota yang berbatasan dengan Singapura itu sejak 9 November hingga 18 November 2022.

Selama berada di negara tetangga, Persis Solo mendapat perlakuan istimewa. JDT mempersilakan Persis Solo menggunakan training ground milik JDT II.

Meski bukan training ground milik tim utama, namun fasilitasnya sungguh bagus. Bahkan, belum ada klub Liga 1 yang memiliki training ground selengkap itu dalam satu area.

Maka, pelajaran penting bukan saja didapat para pemain selama berguru ke Malaysia. Ternyata, tim kepelatihan dan manajemen Persis Solo juga mendapat ilmu luar biasa.

Fasilitas yang dipertontonkan kepada Persis Solo membuat asisten Persis Solo, Rasiman, tak kaget ketika Johor Darul Takzim begitu dominan di Liga Malaysia.

Bahkan, pelatih asal Banjarnegara ini juga tak terkejut ketika Natxo Insa dkk. berbicara banyak di Asia, termasuk pernah juara Piala Asia 2015.

"Kita banyak belajar tentang apa yang dilakukan coaching staff dan manajerial dari JDT. Mereka hampir tidak punya room of error, sehingga kita bisa melihat dan belajar bagaimana mengorganisasi secara profesional," kata Rasiman, Minggu (20/11/22).

Persis Solo juga dibuat baper ketika JDT meminjamkan Stadion Larkin untuk uji coba. Stadion lawas yang dulunya menjadi markas JDT itu digunakan untuk uji coba melawan klub Singapura, Tanjong Pagar FC.

Jamuan yang dilakukan "orang-orang" JDT sebelum, sepanjang dan setelah laga ini juga membuat Persis Solo takjub. Maka, Rasiman mengucapkan terima kasih atas perlakuan luar biasa JDT kepada Persis Solo.