Piala Dunia 2022

Panas! Gara-gara Persoalan Sepele, FIFA Larang Harry Kane Main di Laga Inggris vs Iran

Senin, 21 November 2022 12:20 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
© Action Images via Reuters/Lee Smith
Harry Kane berpotensi dijatuhi sanksi oleh FIFA berupa larangan bermain di pertandingan Inggris vs Iran untuk Piala Dunia 2022. Foto: Action Images via Reuters/Lee Smith. Copyright: © Action Images via Reuters/Lee Smith
Harry Kane berpotensi dijatuhi sanksi oleh FIFA berupa larangan bermain di pertandingan Inggris vs Iran untuk Piala Dunia 2022. Foto: Action Images via Reuters/Lee Smith.

INDOSPORT.COM – Harry Kane berpotensi dijatuhi sanksi oleh FIFA berupa larangan bermain di pertandingan Inggris vs Iran untuk Piala Dunia 2022.

Hal ini dikarenakan bintang Tottenham Hotspur tersebut ngotot ingin memakai ban pelangi (rainbow armband) saat membela tim nasional Inggris di turnamen tersebut.

Seperti diketahui, armband pelangi ‘OneLove’ digunakan sebagai bentuk solidatiras kepada komunitas LGBT yang didiskriminasi dalam dunia sepak bola.

Sejumlah kapten timnas Eropa berjanji akan menggunakan ban tersebut di Piala Dunia 2022 yang untuk pertama kalinya dilangsungkan di Qatar. Persoalan armband kapten memang sebetulnya hal sepele. 

Qatar, sebagai tuan rumah Piala Dunia dengan mayoritas beragama Islam, merupakan negara yang masih melarang homoseksualitas.

Namun, melansir dari Daily Mail, FA Inggris menegaskan Harry Kane akan tetap memenuhi janjinya mengenakan armband pelangi saat memimpin skuad Gareth Southgate menghadapi Iran.

Namun demikian, keputusan ini menimbulkan kekhawatiran baru. Pasalnya, Harry Kane bisa mendapatkan kartu kuning jika nekat mengenakan ban kapten pelangi.

FIFA telah mengatur di dalam undang-undang soal pakaian dan atribut yang digunakan pemain selama pertandingan. Armband pelangi jelas-jelas tidak memenuhi peraturan FIFA tersebut.

Masih dalam laporan Daily Mail, FA Inggris saat ini tengah berusaha mencari kejelasan dari FIFA soal hukuman yang kemungkinan akan diterima sang kapten.

“Kami telah menjelaskan sebagai tim, staf, dan organisasi bahwa kami ingin mengenakan ban kapten. Saya tahu FA sedang berbicara dengan FIFA dan pada saat pertandingan mereka akan mengambil keputusan,” ujar Harry Kane soal keputusannya memakai armband pelangi.