Piala Dunia 2022

Tutup Usia, Ki Joko Bodo Dulu Pernah Ramal Belanda Juara Piala Dunia

Selasa, 22 November 2022 17:15 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Indra Citra Sena
© FIFA
Pemain Spanyol bersuka cita dalam seremoni juara Piala Dunia usai mengalahkan Belanda di final, 11 Juli 2010. Copyright: © FIFA
Pemain Spanyol bersuka cita dalam seremoni juara Piala Dunia usai mengalahkan Belanda di final, 11 Juli 2010.

INDOSPORT.COM – Ki Joko Bodo tutup usia pada Senin (22/11/22), dirinya pernah viral meramal Belanda menjadi juara Piala Dunia 2010.

Piala Dunia 2010 merupakan ajang bergengsi yang berlangsung di Afrika Selatan dan tidak akan pernah dilupakan oleh pecinta sepak bola.

Kala itu, Spanyol berhasil naik podium tertinggi dan mengangkat trofi Piala Dunia usai mengalahkan Belanda dengan skor tipis 1-0. Satu-satunya gol diciptakan oleh Andreas Iniesta pada menit ke-118.

Menariknya, paranormal kondang Indonesia yakni Ki Joko Bodo pernah memprediksi beberapa tim yang akan menjuarai Piala Dunia 2010.

Melansir Hai Grid pada 2010, Ki Joko Bodo mengutarakan ilmu Kalamundeng, yaitu ilmu dengan ilmu dengan lima kekuatan yang bertumpu pada segitiga.

Ki Joko Bodo menyebutkan lima negara kandidat kuat juara Piala Dunia 2010 yakni Belanda, Argentina, Italia, Prancis dan Inggris. Kelima negara tersebut bertumpu pada segitiga bermuda dengan inisia B.A.I (Belanda, Italia, Inggris).

“Itu tim paling kuat yang merupakan kekuatan segitiga bermuda, jika main peserta lain akan kewalahan menghadapi mereka,” ungkap Ki Joko Bodo.

Meski tidak terbukti ramalannya benar, Ki Joko Bodo hampir membuat publik geger dengan lolosnya Belanda ke final Piala Dunia 2010.

Kini, Ki Joko Bodo telah meninggal tepat di usia ke 57 tahun. Diduga, paranormal kondang itu menderita sakit yang menyebabkan kedua kakinya bengkak sejak 2020.

Sebelumnya, Ki Joko Bodo mengaku telah divonis usianya tinggal 6 tahun lagi. Meski kala itu, dirinya tidak pernah blak-blakan mengungkapkan penyakitnya ke publik.