Bakal Punya Ibu Kota Baru, Jokowi Tegaskan Indonesia Siap Gelar Olimpiade 2036

Kamis, 17 November 2022 05:45 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden
Indonesia menyatakan siap menggelar Olimpiade 2036 karena akan memiliki ibu kota baru yang berlokasi di Kalimantan. Copyright: © Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden
Indonesia menyatakan siap menggelar Olimpiade 2036 karena akan memiliki ibu kota baru yang berlokasi di Kalimantan.

INDOSPORT.COM – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menegaskan kalau Tanah Air siap menjadi tuan rumah ajang olahraga terbesar di dunia atau Olimpiade 2036 mendatang.

Presiden Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi menyampaikan hal ini melalui website resmi Sekretariat Kabinet. Ia menegaskan Indonesia siap menyelenggarakan Olimpiade 2036 di Ibu Kota baru yakni Kalimantan.

“Dalam kesempatan ini, saya menyampaikan kesediaan dan kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah Olympics 2036 di Ibu Kota Nusantara,” ungkap Jokowi.

Presiden Jokowi mengungkapkan secara resmi kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2036 pada rangkaian kegiatan puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

Pria kelahiran Solo itu tampak mengenakan setelan baju berwarna putih dengan lengan panjang yang sesuai dengan ciri khasnya. Tak lupa tersemat logo G20 2022.

Selain itu, Presiden Jokowi juga menyebut peran penting olahraga dalam dunia yang kini diselimuti oleh ketegangan perang antara Rusia-Ukraina.

“Saya, sebagai Ketua G20 2022, bersama pemimpin G20 lainnya menekankan pentingnya peran olahraga untuk kesehatan dan dapat mempersatukan dunia, terutama pada saat ini,” ungkap Presiden Jokowi.

Jokowi menyoroti kesuksesan Olimpiade dan Paralimpiade yang digelar di Jepang tahun lalu. Kesuksesan sebuah acara disebabkan oleh netralitas yang dijunjung tinggi.

Olimpiade dan Paralimpiade berikutnya yakni Olimpiade Paris 2024, Milano-Cortina untuk 2026 (musim dingin), Los Angeles untuk 2028, Brisbane untuk 2032 dan Youth Olympic Games 2024 di Gangwon (musim dingin) dan Dakar di 2026.