The Phryges, Topi Ikonik dan Bersejarah Prancis Resmi jadi Maskot Olimpiade 2024

Selasa, 15 November 2022 19:53 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
© Olimpiade Prancis
Menyambut 600 hari jelang Olimpiade Paris 2024, Panitia Penyelenggara telah merilis ‘The Phryges’ sebagai maskot resmi pesta olahraga empat tahunan tersebut. Copyright: © Olimpiade Prancis
Menyambut 600 hari jelang Olimpiade Paris 2024, Panitia Penyelenggara telah merilis ‘The Phryges’ sebagai maskot resmi pesta olahraga empat tahunan tersebut.

INDOSPORT.COM – Menyambut 600 hari jelang Olimpiade Paris 2024, Panitia Penyelenggara telah merilis ‘The Phryges’ sebagai maskot resmi pesta olahraga empat tahunan tersebut.

Tak diragukan betapa sakralnya momen Olimpiade di dunia olahraga. Segala persiapan dibutuhkan tuan rumah untuk menggelar hajatan yang diikuti lebih dari 200 negara tersebut.

Pergantian negara penyelenggara atau tuan rumah pun juga diikuti dengan bergantinya logo dan desain medali Olimpiade untuk mengapresiasi para atlet.

Fakta unik lain dari Olimpiade salah satunya adalah ramainya maskot yang muncul di setiap venue tempat pertandingan.  Maskot ini biasanya disesuaikan dengan karakter dari negara tuan rumah.

Wajar jika perubahan maskot Olimpiade dari masa ke masa, menjadi salah satu serba-serbi yang ditunggu jelang digelarnya pesta akbar ini.

Usai adanya maskot Miraitowa dan Someity di Olimpiade 2020 lalu, kini ada maskot baru untuk menyambut perhelatan Olimpiade 2024 pada 26 Juli-11 Agustus di Paris, Prancis. Maskot itu bernama The Phryges.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Paris2024 (@paris2024)

Dikutip dari laman Olympic, pada Senin (14/11/22), The Phryges (dibaca fre-jes) diambil dari nama Phrygian atau Firgia yang merupakan topi ikonik Prancis yang telah lama dikaitkan sebagai simbol kebebasan dalam budaya Eropa dan kolonial.

Topi Firgia berbentuk kerucut dengan ujung atas yang bengkok. ‘The Phryges’ yang terdiri atas satu maskot Olimpiade dan Paralimpiade itu memiliki misi khusus.

‘The Phryges’ memiliki misi untuk menunjukkan kepada dunia bahwa olahraga dapat mengubah segalanya dan pantas mendapatkan peran utama dalam masyarakat.

“Dibandingkan hewan, maskot ini lebih mewakili kami. Topi Firgia adalah simbol kebebasan,” ucap Presiden Paris 2024, Tony Estanguet.