In-depth

Herve Renard: Pengukir Sejarah Arab Saudi yang Bikin Argentina Keok di Piala Dunia 2022

Rabu, 23 November 2022 12:35 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Isman Fadil
© Getty Images
Herve Renard (baju putih) selebrasi bersama tim dan anak asuhnya, Zambi. Copyright: © Getty Images
Herve Renard (baju putih) selebrasi bersama tim dan anak asuhnya, Zambi.

INDOSPORT.COM -  Berikut merupakan profil dari Herve Renard, pelatih bertangan dingin yang membawa Arab Saudi mengalahkan Argentina di Piala Dunia 2022.

Perwakilan AFC, Arab Saudi membuat aksi menakjubkan dengan mengalahkan salah satu kandidat juara Piala Dunia 2022 pada hari Selasa (22/11/22) lalu dengan skor 2-1.

Arab Saudi yang sebenarnya disebut menjadi tim terlemah di grup C Piala Dunia 2022 mengingat anggota grup ini diisi oleh Polandia, Meksiko, dan Argentina.

Namun demikian, tim berjuluk Green Falcon ini membuat kejutan besar, meskipun sempat kebobolan lebih dulu dari sang megabintang, Lionel Messi dengan mencetak dua gol berikutnya, oleh Saleh Alshehri di menit ke-48 dan Salem Aldawsari di menit ke-53.

Satu hal yang penting untuk Arab Saudi ketika mengalahkan Argentina adalah kehadiran pelatih asal Prancis, Herve Renard.

Herve Renard mampu menampilkan permainan bagus Arab Saudi dengan kemampuan pressing dan bertahan yang baik.

Selain itu, mantan pemain yang sebenarnya berposisi sebagai bek tengah ini juga memperlihatkan permainan yang rapi dengan beberapa kali menahan laju Lionel Messi dan Lautaro Martinez yang menjadi jagoan Argentina.

Kondisi inilah yang membuat Herve Renard kemudian menjadi buah bibir dari penggemar sepak bola yang menyaksikan permainan Arab Saudi di Piala Dunia 2022.

Sebelum berprestasi bersama Arab Saudi, Herve Renard sebenarnya juga sempat meraih berbagai macam prestasi bersama beberapa tim lain.

Berikut profil singkat Herve Renard, pelatih bertangan dingin yang mampu membawa Arab Saudi mengalahkan Argentina di Piala Dunia 2022.