Liga Inggris

Manchester United Bakal Dijual, Investor Dubai Langsung 'Gercep' Buat Tawaran?

Rabu, 23 November 2022 19:02 WIB
Penulis: Hernindya Jalu Aditya Mahardika | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© REUTERS/David Klein
Klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, bakal dijual keluarga Glazer. Foto: REUTERS/David Klein. Copyright: © REUTERS/David Klein
Klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, bakal dijual keluarga Glazer. Foto: REUTERS/David Klein.

INDOSPORT.COM - Kabar Avram Glazer dan Joel Glazer akan menjual klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, langsung disambut cepat oleh investor Dubai.

Para penggemar sepak bola di seluruh dunia saat ini sedang disibukkan dengan perhelatan akbar 4 tahunan, Piala Dunia 2022, yang dihelat di Qatar.

Namun dalam gegap gempita menyambut Piala Dunia 2022 yang sudah berlangsung dari tanggal 20 November lalu, para pencinta sepak bola dibuat gempar dengan kabar mengenai klub raksasa asal Inggris, Manchester United.

Usai protes yang berkepanjangan, akhirnya keinginan para penggemar Setan Merah terkabulkan, keluarga Glazer berniat menjual status kepemilikan Manchester United yang mereka pegang selama kurang lebih 17 tahun.

Melalui pernyataan di situs resmi Manchester United, keluarga Glazer sedang "menelusuri strategi alternatif" untuk membiayai klub baik dari segi investasi potensial apa pun yang mencakup penawaran saham kecil atau penjualan penuh klub.

Surat kabar The Sun di Inggris melaporkan bahwa penjualan klub secara keseluruhan berpotensi akan bernilai mencapai puluhan sampai triliunan rupiah.

Menurut laporan analis sepak bola, Kieran Maguire, akibat berita penjualan klub berjuluk Setan Merah oleh keluarga Glazer, terpantau saham Manchester United melonjak naik sebesar 17 persen.

"Harga saham Manchester United naik 17% setelah pengumuman potensi penjualan oleh Glazer, telah menambah nilai pasar hampir 400 juta dolar AS di kapitalisasi pasar klub #MUFC," ujar Kieran Maguire.

Berkat kabar keluarga Glazer yang berniat menjual Manchester United dengan harga yang lebih rendah dari sebelumnya, membuat para investor dari Dubai melirik untuk melakukan pembelian.

Dilansir dari Arabian Business, di bulan September para investor dari Dubai sendiri sudah tertarik untuk melakukan pembelian klub Liga Inggris itu dari Avram dan Joel Glazer.

Namun para investor tersebut belum melakukan penawaran secara resmi. Hanya saja, peluang mereka kini terbuka lebih lebar lantaran Manchester United 'akhirnya' akan dijual.