Liga Indonesia

Menpora Sampaikan Keinginan Shin Tae-yong Setelah Timnas Indonesia U-20 Pulang dari Spanyol

Rabu, 23 November 2022 12:15 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Juni Adi
© PSSI
Pertandingan dalam uji coba antara Timnas Indonesia U-20 vs Prancis U-20. (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
Pertandingan dalam uji coba antara Timnas Indonesia U-20 vs Prancis U-20. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali, segera berdiskusi dengan Polri terkait izin kompetisi sepak bola Tanah Air.

Hal ini sesuai keinginan dari pelatih Shin Tae-yong setelah mengawal Timnas Indonesia U-20 di Spanyol.

Zainudin Amali memaparkan bahwa pihaknya sudah bertemu dengan pengurus baru PT Liga Indonesia Baru (LIB). Pertemuan itu membahas hasil RUPS Luar Biasa serta rencana lanjutan kompetisi.

Namun begitu, soal kompetisi, Zainudin Amali tak bisa membuat keputusan. Pasalnya, perizinan kompetisi, terutama soal keamanan, menjadi ranah Polri.

Maka, yang bisa dilakukan Zainudin Amali adalah menemui Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Menpora juga ingin menyampaikan keinginan dari pelatih Timnas, Shin Tae-yong.

"Secepat mungkin saya akan diskusi dengan Kapolri untuk menyampaikan kebutuhan atas kompetisi, karena kompetisi itu kebutuhan bagi Timnas kita," kata Zainudin Amali di Malang.

Shin Tae-yong ingin agar kompetisi sepak bola Tanah Air segera berjalan lagi. Pasalnya, setelah menjalani uji coba terakhir di Spanyol, Selasa (22/11/22) malam WIB, Marselino Ferdinan dkk. akan pulang.

Shin Tae-yong berharap agar para pemain ini pulang ke Indonesia tak sekadar untuk berlatih di klubnya, namun juga berkompetisi secara rutin.

"Kita tahun depan menjadi tuan rumah FIFA World Cup U-20. Kalau anak-anak nanti pulang dari Spanyol, sampai sini tidak berkompetisi, maka akan kembali ke nol lagi," jelas Zainudin Amali.

"Maka, coach Shin Tae-yong meminta harus ada kompetisi lagi. Jadi mereka merasakan atmosfer dari kompetisi, karena semua akan kembali ke klub. Kalau tidak ada kompetisi, hanya latihan saja, maka tidak akan membuat baik performa dari pemain Timnas kita," lanjut Zainudin Amali.