Piala Dunia 2022

3 Momen Lionel Messi Gendong Skuad Argentina di Piala Dunia

Kamis, 24 November 2022 11:42 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Prio Hari Kristanto
© Hendro Hardiyanto/INDOSPORT
Kemampuan Lionel Messi menggendong Skuad Argentina di Piala Dunia jangan dipungkiri. Copyright: © Hendro Hardiyanto/INDOSPORT
Kemampuan Lionel Messi menggendong Skuad Argentina di Piala Dunia jangan dipungkiri.

INDOSPORT.COM - Berikut tiga momen Lionel Messi menggendong skuad Argentina di pentas Piala Dunia sejak keikutsertaan perdananya pada 2006 hingga 2018 lalu.

Sekadar informasi, Lionel Messi merupakan tumpuan Timnas Argentina sejak kehadirannya dan debutnya bagi La Albiceleste pada 2005 silam.

Sejak debutnya tersebut, pemain yang berstatus penggawa Paris Saint-Germain ini telah tampil sebanyak 166 kali bagi negaranya.

Dari 166 kali penampilan yang telah dibuat sejauh ini, Messi telah tampil sebanyak 20 kali bagi Argentina di pentas Piala Dunia.

Dalam 20 penampilan tersebut, La Pulga, julukan Messi, telah bermain bagi Argentina di lima edisi Piala Dunia, yakni sejak 2006 hingga Piala Dunia 2022 ini.

Dari sederet edisi Piala Dunia yang telah dimainkannya, berikut INDOSPORT rangkum tiga momen di mana Messi menggendong Argentina pada event empat tahunan tersebut.

1. Piala Dunia 2010

Lionel Messi menjalani Piala Dunia perdananya sebagai megabintang Argentina pada 2010. Di ajang yang digelar di Afrika Selatan ini, La Pulga untuk pertama kalinya menjabat ban kapten La Albiceleste.

Selain itu, ketergantungan Argentina atas Messi terlihat di Piala Dunia 2010. Hal ini lantaran dirinya tampil sejak laga pertama hingga laga terakhir La Albiceleste di ajang ini selama 90 menit penuh.

Di Piala Dunia 2010 tersebut, Messi mampu menggendong Argentina ke babak perempat final, dengan menyumbangkan satu assist dalam lima laga.

2. Piala Dunia 2014

Usai gagal melangkah jauh di Piala Dunia 2010, Messi yang berada di usia emasnya yakni 27 tahun, mampu menggendong Argentina melangkah jauh di edisi 2014.

Pada gelaran Piala Dunia yang berlangsung di Brasil itu, Messi yang telah menjadi kapten Argentina, mampu membawa negaranya hingga partai final.

Dalam perjalanannya mengantarkan Argentina ke final Piala Dunia 2014, Messi mampu melesakkan 4 gol dan 1 assist. LaPulga pun ditahbiskan sebagai pemain terbaik turnamen atau peraih Golden Ball.

3. Piala Dunia 2018

Di usianya yang sudah menginjak kepala tiga, Messi juga masih menjadi andalan Argentina kala menatap Piala Dunia 2018 di Rusia.

Pada edisi tersebut, Argentina hampir gagal lolos fase grup usai imbang melawan Islandia dan kalah dari Kroasia. Beruntung bagi La Albiceleste, Messi mampu menjadi kunci keberhasilan lolos fase grup usai mencetak satu gol di laga pamungkas grup D.

© Getty Images
Ante Rebic berhadapan dengan Lionel Messi dalam laga Argentina vs Kroasia di Piala Dunia 2018. Copyright: Getty ImagesAnte Rebic berhadapan dengan Lionel Messi dalam laga Argentina vs Kroasia di Piala Dunia 2018.

Usai membawa lolos Argentina dari fase grup, Messi harus menelan pil pahit usai dua assist-nya tak mampu menyelamatkan negaranya dari kekalahan di babak 16 besar dari sang juara, Prancis.

Kini, pada Piala Dunia 2022, harapan penggawa dan rakyat Argentina pun tertumpuk di pundaknya. Lionel Messi kembali menjadi andalan Albiceleste untuk rengkuh trofi Piala Dunia di Qatar. 

Artikel ini disponsori oleh AICE Official Ice Cream untuk FIFA World Cup Qatar 2022.