Liga Indonesia

Dipanggil Timnas Indonesia, Bintang Malaysia Buat Riyandi Lebih Berkembang

Kamis, 24 November 2022 08:10 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Muhammad Riyandi (paling kanan) masuk dalam daftar pemain yang dipanggil Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Muhammad Riyandi (paling kanan) masuk dalam daftar pemain yang dipanggil Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022.

INDOSPORT.COM - Muhammad Riyandi masuk dalam daftar pemain yang dipanggil Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022. Riyandi akan gabung skuat Shin Tae-yong dengan modal "ilmu" dari bintang Malaysia, Mohamadou Sumareh.

Riyandi menjadi satu dari 28 pemain yang dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan tim Garuda mulai 28 November 2022 di Bali.

Riyandi dipanggil bersama kiper Bali United, Nadeo Argawinata dan kiper Persikabo 1973, Syahrul Trisna Fadilla.

Pemanggilan ini bukan hal mengejutkan. Meski baru berusia 22 tahun, namun Riyandi sudah mencatatkan 12 caps bersama Timnas Indonesia.

Yang menjadi pembeda saat ini, Riyandi akan datang dengan ilmu baru. Ilmu itu didapat dari salah satu bintang Timnas Malaysia, Mohamadou Sumareh.

Riyandi dan Sumareh sudah bertemu lebih cepat sebelum Piala AFF 2022. Keduanya berduel saat Riyandi membela Persis Solo dan Sumareh membela Johor Darul Takzim (JDT).

Dalam laga di Stadion Sultan Ibrahim, 12 November 2022 lalu, Sumareh memberi bekal ilmu kepada Riyandi. Ilmu yang dimaksud merupakan hukuman penalti akibat Riyandi menjatuhkan Sumareh.

Asisten Pelatih Persis Solo, Rasiman, melihat lagi video ulangan pertandingan itu. Menurutnya, keputusan yang diambil Riyandi dengan meninggalkan gawangnya sudah benar.

Hanya saja, timing untuk merebut bola yang dikuasai Sumareh terlambat satu detik. Rasiman pun memuji Sumareh yang disebutnya cerdik memanfaatkan situasi.

"Keputusan yang diambil semuanya sulit. Riyandi sudah betul mendatangi bola, cuma timingnya harus lebih cepat sedikit. Ya memang Sumareh pemain berpengalaman," terang Rasiman.