Piala Dunia 2022

Timnas Indonesia Harus Tiru Jurus 'Tikam Belakang' Jepang untuk Habisi Jerman di Piala Dunia 2022

Rabu, 23 November 2022 23:36 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© REUTERS/Annegret Hilse
Partai Jerman vs Jepang di babak grup Piala Dunia 2022 pada Rabu (23/11/22) ini kembali menghadirkan kejutan besar. (Foto: REUTERS/Annegret Hilse) Copyright: © REUTERS/Annegret Hilse
Partai Jerman vs Jepang di babak grup Piala Dunia 2022 pada Rabu (23/11/22) ini kembali menghadirkan kejutan besar. (Foto: REUTERS/Annegret Hilse)

INDOSPORT.COM - Partai Jerman vs Jepang di babak grup Piala Dunia 2022 pada Rabu (23/11/22) ini kembali menghadirkan kejutan besar.

The Blue Samurai yang pada awalnya bukan unggulan malah bisa mencuri kemenangan 2-1 atas Der Panzer yang tentunya bukan sebuah kebetulan belaka dan butuh proses panjang untuk mencapainya.

Di hadapan Jerman, Jepang sebenarnya masih belum ada apa-apanya. Sang raksasa Eropa adalah tim yang disegani sejak lama dan telah mengoleksi empat gelar Piala Dunia.

Sementara itu Negeri Matahari Terbit memang salah satu tim terbaik di Asia namun prestasi mereka di Piala Dunia paling banter baru menginjak babak 16 besar saja.

Lalu bagaimana bisa Jerman vs Jepang di Khalifa International Stadium lalu bisa menyajikan hasil yang di luar dugaan?. Jawabannya adalah proyek 'tikam belakang'.

Dalam satu dekade terakhir semakin banyak pemain asal Jepang yang berkiprah bersama klub Jerman dan dalam prosesnya terjadi transfer ilmu.

Perlahan tapi pasti, bintang-bintang asal Jepang memiliki level permainan yang sama dengan para talenta Jerman.

Mereka tidak hanya direkrut sebagai usaha menambah popularitas sebuah tim dan tidak sedikit yang justru menjadi pilar utama.

Sebut saja Daichi Kamada (Eintracht Frankfurt), Wataru Endo (VfB Stuttgart), Kou Itakura (Borussia Monchengladbach), dan bahkan sampai kapten tim Maya Yoshida (Schalke 04) yang sudah berusia 34 tahun.

Saking banyaknya pemain Jepang yang merantau ke Jerman, tidak bisa semuanya dipanggil oleh pelatih Hajime Moriyasu ke Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar.