Liga Indonesia

Pekerjaan Rumah Besar PSIM Yogyakarta Sembari Liga 2 Bergulir Lagi

Kamis, 24 November 2022 09:00 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
© PSIM Yogyakarta
Latihan tim Liga 2, PSIM Yogyakarta di Lapangan Kenari, Yogyakarta. (Foto: PSIM Yogyakarta) Copyright: © PSIM Yogyakarta
Latihan tim Liga 2, PSIM Yogyakarta di Lapangan Kenari, Yogyakarta. (Foto: PSIM Yogyakarta)

INDOSPORT.COM - PSIM Yogyakarta berusaha merampungkan pekerjaan rrumah besar sembari menanti kompetisi Liga 2 2022/2023 berjalan lagi. Laskar Mataram tak ingin jadi "korban" counter attack lagi.

PSIM sudah menjalani tujuh partai di Liga 2. Mereka baru mengoleksi 9 poin dan nangkring di posisi enam klasemen sementara Liga 2 grup tengah.

Salah satu hal yang disorot adalah jumlah kebobolan PSIM. Total ada delapan gol yang sudah bersarang ke gawang PSIM, dengan berbanding mencetak enam gol ke gawang lawan.

Dari delapan gol lawan, beberapa tercipta karena skema serangan balik. PSIM bisa dengan mudah terkena counter attack karena jarak antarlini masih renggang.

Permasalahan ini yang coba diatasi saat sesi latihan sudah berjalan lagi sejak pekan lalu. PSIM terus menggencarkan latihan serta uji coba pada akhir pekan.

"Masih ada beberapa yang memang belum sesuai dengan yang kita inginkan, terutama jarak antar lini. Ketika kita attacking, itu jarak antar lininya masih terlalu lebar, sehingga masih ada celah bagi lawan memanfaatkan itu untuk counter attack," kata pelatih PSIM, Erwan Hendarwanto.

Permasalahan ini coba diatasi Erwan secara bertahap. Ia ingin setiap sesi latihan bisa dipahami dan diaplikasikan dengan tepat.

Dari pengamatannya, Sunny Hizbullah dkk. sudah ada kemajuan, meski perlu ditingkatkan lagi dalam beberapa latihan ke depan.

"Ini memang proses, sudah ada progres yang cukup bagus terutama dalam organisasi permainan. Akan tetapi kita masih akan terus perbaiki jarak antar lini, high pressure defense, dan termasuk juga transisi," papar Erwan.