Piala Dunia 2022

Sebelum Hajar Jerman di Piala Dunia 2022, Pelatih Jepang Punya Cerita Pahit di Indonesia

Kamis, 24 November 2022 21:22 WIB
Penulis: Lukman Hadi Subroto | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Dok. J-League
Pelatih asal Jepang, Hajime Moriyasu. Copyright: © Dok. J-League
Pelatih asal Jepang, Hajime Moriyasu.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Jepang di Piala Dunia 2022 yang berhasil mengalahkan Jerman, ternyata sempat punya cerita pahit di Indonesia.

Pada pertandingan yang digelar Rabu (23/11/22) malam lalu, Timnas Jepang yang dilatih Hajime Moriyasu berhasil membuat kejutan saat mengalahkan Jerman.

Tak disangka-sangka Der Panzer yang menjadi salah satu favorit untuk juara justru takluk 1-2 dari The Blue Samurai, julukan Timnas Jepang.

Padahal, Jepang sempat tertinggal lebih dahulu lewat gol penalti Ilkay Gundogan pada menit ke-33 setelah pelanggaran ceroboh kiper Shuichi Gonda.

Namun, Negeri Sakura mampu bangkit usai turun minum dengan membobol gawang Jerman melalui Ritsu Doan dan Takuma Asano.

Laga Jerman vs Jepang jadi laga kedua di Piala Dunia 2022 yang menyajikan negara Asia menggebuk favorit juara yang lebih dijagokan.

Sebelumnya di Grup C Arab Saudi sudah lebih dulu membanggakan publik sepak bola Benua Kuning dengan mengalahkan Argentina juga via skor 2-1.

Kaoru Mitoma yang merupakan salah satu penggawa Jepang mengaku jika timnya termotivasi dengan capaian Arab Saudi.

Usai mengalahkan timnas Jerman, Hajime Moriyasu menegaskan bahwa sepak bola Jepang sudah berstandar dunia. Ia merasa bahwa timnya patut diperhitungkan selama turnamen di Qatar.

Namun, pada tahun 2018, Hajime Moriyasu sempat menggodok strategi Timnas Jepang dalam gelaran Asian Games yang digelar di Indonesia. Meski pada saat itu mereka harus kalah dari Korea Selatan di partai final.