Piala Dunia 2022

Diego Alonso: Dulu Partner Syamsir Alam, Kini jadi Pelatih Uruguay di Piala Dunia

Jumat, 25 November 2022 09:46 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© REUTERS/Kai Pfaffenbach
Berikut ini adalah profil Diego Alonso, sosok yang pernah satu tim dengan Syamsir Alam, kini telah menjadi pelatih Timnas Uruguay di Piala Dunia 2022. (Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach) Copyright: © REUTERS/Kai Pfaffenbach
Berikut ini adalah profil Diego Alonso, sosok yang pernah satu tim dengan Syamsir Alam, kini telah menjadi pelatih Timnas Uruguay di Piala Dunia 2022. (Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach)

INDOSPORT.COM - Berikut ini adalah profil Diego Alonso, sosok yang pernah satu tim dengan Syamsir Alam, kini telah menjadi pelatih Timnas Uruguay di Piala Dunia 2022.

Uruguay baru saja melakoni laga perdana Grup H Piala Dunia 2022, menghadapi tim Korea Selatan, Kamis (24/11/22) malam.

Namun, tak ada gol yang tercipta. Uruguay vs Korea Selatan bermain imbang 0-0, sehingga sama-sama mengemas satu poin.

Bukan hanya Luis Suarez cs yang mencuri perhatian. Sang pelatih Timnas Uruguay, Diego Martín Alonso López juga telah menjadi buah bibir dalam laga kali ini.

Pasalnya, pelatih berusia 47 tahun itu baru saja menjalani debut di Piala Dunia, setelah sebelumnya Uruguay sangat identik dengan sosok Oscar Tabarez dalam 15 tahun terakhir.

Lantas, bagaimana kiprah Diego Alonso, dan apa hubungannya dengan pesepak bola asal Indonesia, Syamsir Alam?

Diego Alonso merupakan striker kelahiran Uruguay, 16 April 1975. Ia malang-melintang di berbagai tim lokal. Mulai dari Bella Vista di tahun 1995, hingga pensiun di Penarol.

Diego Alonso bermain di tim Penarol pada tahun 2009 hingga 2011. Kala itu, pesepak bola asal Indonesia, Syamsir Alam juga tengah menimba ilmu di tim Penarol.

Syamsir Alam, pemain yang lahir dari proyek SAD generasi pertama itu sempat membuat tim Penarol kepincut, setelah bermain apik di Liga U-17 Quinta Division 2008 silam.

Namun, perjalanan Syamsir Alam bersama Penarol berakhir pada 2011, dan hijrah ke Belgia. Di tahun yang sama, Diego Alonso juga akhirnya memutuskan untuk pensiun.