Piala Dunia 2022

Hasil Piala Dunia 2022 Qatar vs Senegal: Tuan Rumah Tersingkir!

Jumat, 25 November 2022 21:59 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© REUTERS/Kai Pfaffenbach
Selebrasi para pemain Senegal usai Boulaye Dia mencetak gol ke gawang Qatar dalam laga kedua Grup A Piala Dunia 2022 (Foto:REUTERS/Kai Pfaffenbach). Copyright: © REUTERS/Kai Pfaffenbach
Selebrasi para pemain Senegal usai Boulaye Dia mencetak gol ke gawang Qatar dalam laga kedua Grup A Piala Dunia 2022 (Foto:REUTERS/Kai Pfaffenbach).

INDOSPORT.COM - Pertandingan kedua Grup A Piala Dunia 2022 antara Qatar vs Senegal Jumat, (25/11/22) pukul 20:00 WIB di Stadion Al Thumama berhasil dimenangkan oleh Senegal dengan skor 3-1. Hasil ini pun membuat tuan rumah Qatar dipastikan gagal lolos ke babak 16 besar.

Sejak awal hingga berakhirnya pertandingan, Senegal mampu mendominasi jalannya pertandingan dengan baik atas tuan rumah Qatar.

Dalam laga ini, Qatar terlihat terburu-buru dalam membangun serangan, sehingga sejumlah peluang pun gagal dimaksimalkan dengan baik.

Sementara, tim tamu Senegal berhasil membuktikan jika mereka adalah sang juara dari Afrika yang tak bisa dipandang remeh di Piala Dunia 2022.

Memasuki 15 menit jelang berakhirnya pertandingan, tuan rumah Qatar baru mulai panas. Mereka berhasil mempertipis kedudukan 1-2 memanfaatkan kelengahan pemain Senegal yang keasyikan menyerang.

Kebobolan satu gol tak membuat semangat Senegal mengendur. Sebaliknya, mereka semakin trengginas dalam menggencarkan serangan. Mereka pun sukses memperlebar kedudukan menjadi 3-1 dan hasil ini membuat Senegal semakin di atas angin.

Dua gol dari Senegal diciptakan oleh Boulaye Dia di menit ke-41, Famara Dhiediou di menit ke-48, dan Bamba Dieng yang membuat Senegal unggul atas Qatar.

Sementara gol tunggal tuan rumah Qatar diciptakan oleh Mohammed Muntari yang memanfaatkan umpan matang dari Ismael Mohammad.

Hasil ini membuat Senegal menjaga peluang lolos ke babak 16 besar dan tuan rumah Qatar terpaksa harus mengakhiri kiprah mereka di Piala Dunia 2022 lebih cepat, setelah mereka gagal mendapatkan satu poin pun di dua laga pertama.

Saat ini, mereka menempati urutan ketiga di klasemen sementara Grup A Piala Dunia 2022 dengan torehan tiga poin, di bawah Belanda dan Ekuador yang juga sama-sama mengantongi tiga poin.

Babak Pertama

Sejak kick off babak pertama dimulai, tuan rumah Qatar langsung menyuguhkan permainan menyerang cepat dengan langsung menusuk ke jantung pertahanan Senegal.

Sementara tim tamu yang menyandang status juara Afrika bermain lebih sabar dan mencoba tetap tenang dalam membangun serangan.

Benar saja, memasuki pertengahan laga, Qatar mulai bermain terburu-buru dan kerap membuang kesempatan yang tercipta.

Hal ini pun langsung dimanfaatkan dengan baik oleh Senegal yang tanpa ampun membombardir lini pertahanan Qatar dari kedua sisi lapangan.

Meski tanpa diperkuat oleh megabintang mereka, Sadio Mane, Senegal benar-benar merusak lini pertahanan tim rumah dengan baik.

Memasuki lima menit waktu normal jelang berakhirnya babak pertama, serangan dari Senegal membuat lini pertahanan Qatar kelimpungan.

Salah satu bek mereka, Boualem Khoukhi melakukan blunder yang membuat bola berjalan bebas dan tanpa ampun, striker Senegal, Boulaye Dia tanpa ampun melepaskan tembakan keras yang tak mampu dihalau oleh kiper Qatar, Meshaal Aissa Barsham.

Skor 1-0 untuk keunggulan Senegal atas tuan rumah Qatar pun berakhir hingga istiharat babak pertama.