Bola Internasional

Ilham Jayakusuma Sebut 3 Pemain Muda Ini Bisa jadi Senjata Mematikan Timnas Indonesia di Piala AFF

Sabtu, 26 November 2022 20:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Legenda Timnas Indonesia, Ilham Jayakusuma dan Budi Sudarsono dalam acara Trophy Tour AFF Cup 2022 di Jakarta, Sabtu (26/11/22). Copyright: © Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Legenda Timnas Indonesia, Ilham Jayakusuma dan Budi Sudarsono dalam acara Trophy Tour AFF Cup 2022 di Jakarta, Sabtu (26/11/22).

INDOSPORT.COM - Eks striker Timnas Indonesia, Ilham Jaya Kesuma memuji penampilan skuad Garuda dibawa racikan pelatih Shin Tae-yong. Banyak kemajuan yang ditunjukan para pemain baik secara mental, fisik dan skill.

Shin Tae-yong berhasil membawa Timnas Indonesia kembali bermain di Piala Asia 2023, setelah terakhir tampil di 2007 lalu. Lalu, juru taktik asal Korea Selatan itu juga bawa tim U-20 ke Piala Asia U-20 2023.

Ilham Jaya menilai Shin Tae-yong berikan warna baru di tim Merah Putih. Karenanya, dia optimis Timnas Indonesia bisa tampil bagus di Piala AFF 2022 yang akan berlangsung 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023. 

"Menurut saya sih sampai sekarang sejauh ini cukup bagus ya, persiapan pun kalau saya kira dari biasanya juga cukup bagus."

"Walaupun tidak TC atau mereka sering berkumpul, saya kira tidak masalah," ujarnya saat acara trofi tour AFF 2022, Sabtu (26/11/22) di Jakarta Barat.

Ilham Jaya sudah mengetahui 28 pemain yang dipanggil Shin Tae-yong untuk Piala AFF 2022. Topskor Piala AFF 2004 itu menilai, kehadiran pemain muda akan berikan energi baru.

Pemain muda seperti Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman hingga Egy Maulana Vikri bisa dicoba dan bisa jadi tumpuan. Kolaborasi mereka dengan pemain senior diharapkan membawa Timnas Indonesia berprestasi.

"Menurut saya sih ada di setiap sisi timnas sekarang sih terbaik semua ya, mungkin rata-rata terbaik. Tapi ada alangkah baiknya di coba, mungkin pemain usia muda seperti dari Persebaya Surabaya, Marselino itu bisa dicoba," kata pelatih 44 tahun itu.

"Jadi ke depannya, mudah-mudahan bertambah lagi kekuatan Timnas kita. Kan ada Egy, lalu ada Witan yang sekarang main di luar nanti ditambah lagi beberapa pemain senior," imbuh Ilham .

Pada Piala AFF 2022, Indonesia berada di Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.