Piala Dunia 2022

5 Bintang di Timnas Brasil yang Sumbang Gol Paling Banyak di Piala Dunia

Rabu, 30 November 2022 23:17 WIB
Editor: Juni Adi
© REUTERS/Amanda Perobelli
Selebrasi Timns Brasil usai memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Amanda Perobelli). Copyright: © REUTERS/Amanda Perobelli
Selebrasi Timns Brasil usai memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Amanda Perobelli).

INDOSPORT.COM - Timnas Brasil selalu jadi negara yang menakutkan kiprahnya di Piala Dunia karena banyak pemain hebat yang dilahirkan, terutama di sektor penyerang. 

Prestasi Timnas Brasil di Piala Dunia belum tertandingi. Mereka masih jadi tim tersukses dengan lima gelar juara. Brasil bahkan belum pernah sekali pun absen di Piala Dunia.

Gemilangnya prestasi Brasil itu berpeluang kembali diukir pada edisi Piala Dunia 2022 ini. Sebab kiprah mereka masih dilanjutkan dengan lolos ke babak 16 besar.

Di babak 16 besar, mereka berpotensi akan menghadapi Ghana yang saat ini menduduki posisi runner-up grup H.

Tak hanya secara kolektif, banyak pemain Brasil juga punya prestasi individu yang cemerlang.

Salah satu capaian individu terhebat di Piala Dunia adalah menjadi top skor alias pencetak gol terbanyak.

Soal itu pun, Brasil berjaya karena ada lima pemain mereka yang pernah meraihnya. Inilah lima pemain Brasil yang pernah jadi pencetak gol terbanyak di Piala Dunia.

Leonidas

Pertama, ada Leonidas da Silva, striker Brasil yang membela timnas pada 1932–1946. Ia pernah bermain dalam dua edisi Piala Dunia, yaitu 1934 dan 1938.

Leonidas paling tajam pada edisi 1938. Ia menorehkan 7 gol dalam 5 pertandingan yang membawanya jadi pencetak gol terbanyak. Namun, Brasil gagal menjadi juara Piala Dunia 1938.

Brasil kalah dari Italia di semifinal, lalu merebut peringkat ketiga setelah mengalahkan Swedia.

Leonidas sendiri tidak banyak membela timnas sepanjang kariernya meski tajam. Ia hanya bermain total 19 kali dan mengoleksi 21 gol.