Bola Internasional

Marc Klok, Pemain Termahal Persib Bandung di Piala AFF 2022

Rabu, 30 November 2022 13:19 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Igara Vanda Arifano/INDOSPORT
Berikut profil Marc Klok, pemain termahal Persib Bandung yang turut ambil bagian di Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022. Copyright: © Igara Vanda Arifano/INDOSPORT
Berikut profil Marc Klok, pemain termahal Persib Bandung yang turut ambil bagian di Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022.

INDOSPORT.COM – Berikut profil Marc Klok, pemain termahal Persib Bandung yang turut ambil bagian di Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022.

Sebagaimana diketahui, dalam waktu dekat Timnas Indonesia akan kembali beraksi di ajang terakbar Asia Tenggara, yakni Piala AFF 2022.

Guna persiapan untuk berpartisipasi di ajang ini, Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia telah merilis 28 nama yang dipanggil untuk memperkuat skuad Garuda.

Nama-nama besar masih menjadi andalan bagi juru taktik asal Korea Selatan itu untuk ajang dua tahunan ini. Salah satunya adalah gelandang andalan Persib Bandung, Marc Klok.

Marc Klok menjadi salah satu dari tiga penggawa Persib Bandung yang dipanggil ke Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022. Selain dirinya, masih ada nama Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto.

Ketimbang dua rekan setimnya itu, gelandang kelahiran Belanda ini ternyata menjadi pemain termahal tim Maung Bandung yang dipanggil ke Timnas Indonesia.

Berikut INDOSPORT sajikan profil dari Marc Klok, pemain termahal Persib Bandung yang dipanggil untuk membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Profil Marc Klok

Marc Klok merupakan gelandang andalan Persib Bandung dan Timnas Indonesia yang lahir di Amsterdam, Belanda pada 20 April 1993.

Pria bernama lengkap Marc Anthony Klok ini mengawali kariernya di FC Utrecht di Belanda pada 2013 silam, sebelum melanglang buana ke berbagai klub.

Dalam perjalanan kariernya, pria yang akrab disapa Klok ini bermain bagi Ross County dan Dundee United di Skotlandia, Cherno More Varna di Bulgaria, Oldham Athletic di Inggris, sebelum akhirnya berlabuh ke Indonesia pada 2017.

Saat pertama kali menjejakkan kakinya ke Indonesia, Klok membela klub papan atas Sulawesi, yakni PSM Makassar. Bersama Juku Eja, pria yang kini berusia 29 tahun itu bermain selama dua tahun hingga 2019.

Setelah itu, Klok bergabung Persija Jakarta dan bertahan selama semusim saja, yakni pada 2020, seiring terhentinya kompetisi akibat pandemi Covid-19.

Usai membela Persija, Klok kemudian menyeberang ke Persib Bandung pada 2021 dan diikat kontrak jangka panjang berdurasi empat tahun hingga 2025.

Selama bermain di Indonesia, Klok menyatakan keinginannya membela tim Merah Putih di pentas internasional. Ia mengaku kakek buyutnya berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan.

Namun proses naturalisasinya lumayan memakan waktu panjang karena Klok tak bisa membuktikan dan menyerahkan dokumen bahwa dirinya keturunan Indonesia.

Setelah menjalani proses yang panjang, tepat pada April 2022 lalu, Klok resmi menjadi WNI, setelah lima tahun menetap di Indonesia, yakni sejak 2017.

Usai dinaturalisasi, Klok pun langsung menjadi andalan Shin Tae-yong. Kiprah pertamanya bersama Timnas Indonesia yakni kala masuk dalam skuad untuk SEA Games 2021 di Vietnam.

Setelah itu, Shin Tae-yong kembali mengandalkan Klok di lini tengah Timnas Indonesia saat beraksi di pentas Kualifikasi Piala Asia 2023 dan laga uji coba melawan Curacao.

Selain mulai mendapat kepercayaan dari Shin Tae-yong, Marc Klok juga punya status prestise di Timnas Indonesia, yakni sebagai pemain termahal di Skuat Garuda.

Ya, dilansir dari laman Transfermarkt, disebutkan bahwa pemain berusia 29 tahun itu mempunyai market value sebesar 450 ribu atau setara dengan Rp 7,82 miliar.

Jumlah tersebut mampu mengungguli sejumlah pemain top Timnas Indonesia, seperti Stefano Lilipaly yang hanya mempunya harga pasar 350 ribu euro.

Dalam waktu dekat, Klok akan kembali berseragam Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, yang akan menjadi Piala AFF perdananya bersama skuad Garuda.

Menjadi menarik untuk menanti kontribusi Marc Klok sebagai pemain termahal di Timnas Indonesia dalam Piala AFF 2022. Mungkinkah ia jadi kunci Timnas Indonesia patahkan kutukan tak pernah juara di Piala AFF?

Artikel ini disponsori oleh Indomie. Jangan lupa beli Indomie Goreng kesukaanmu DI SINI untuk menemani sobat INDOSPORT nonton pertandingan Liga 1 dan Hidupkan Inspirasimu bareng Indomie!