Bola Internasional

Starting XI Terbaik Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022 versi INDOSPORT

Kamis, 24 November 2022 15:06 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Igara Vanda Arifano/INDOSPORT
Starting XI Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 versi INDOSPORT. Copyright: © Igara Vanda Arifano/INDOSPORT
Starting XI Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 versi INDOSPORT.

INDOSPORT.COM -  Berikut adalah starting eleven Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022, termasuk dengan hadirnya pemain naturalisasi, Sandy Walsh dan Jordi Amat.

Piala AFF 2022 tinggal menghitung hari. Ajang dua tahunan ini akan segera dihelat pada 20 Desember hingga 16 Januari 2023.

Sejak beberapa waktu terakhir, Timnas Indonesia memiliki barisan pertahanan yang kuat, sehingga Shin Tae-yong mungkin akan memilih formasi 3-4-3 dan rotasi jadi 5-4-2.

Dengan hadirnya duo naturalisasi, barisan pertahanan akan mengalami perubahan. Berikut INDOSPORT.com merangkum starting XI terbaik Timnas Indonesia di Piala AFF 2022:

Kiper: Nadeo Argawinata

Kiper utama Bali United, Nadeo Argawinata diprediksi akan kembali menjadi pilihan Shin Tae-yong untuk mengawal gawang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 mendatang.

Nadeo sudah menjadi kiper andalan Shin Tae-yong di Piala AFF 2020 lalu. Hasilnya, cukup bagus, Timnas Indonesia keluar sebagai runner up, hanya kalah dari Thailand.

Setidaknya Nadeo sudah berpengalaman dan mentalnya sudah teruji setiap berlaga di kancah internasional, khususnya saat adu penalti di semifinal, melawan Singapura.

Sebelumnya, Nadeo Argawinata sudah mencatatkan 10 penampilan bersama Bali United di Liga 1 2022 (sebelum dihentikan), dan ia sukses mencatat empat cleansheet.

Bek: Jordi Amat, Rizky Ridho, Elkan Baggott

Dengan pengalamannya di kancah Eropa, Jordi Amat diharapkan bisa memimpin tim dan mengawal lini pertahanan Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 nanti.

Demikian pula dengan Elkan Baggott, bek jangkung setinggi 193 cm itu diyakini akan jadi pilihan utama Shin Tae-yong, andai ia diizinkan oleh klubnya untuk ke Timnas.

Masih di posisi bertahan, Rizky Ridho sudah teruji kualitasnya. Ia bisa menjadi rekan duet yang baik dengan Jordi Amat dan Baggott.

Wing back: Sandy Walsh, Pratama Arhan

Untuk posisi bek kanan, biasanya Shin Tae-yong mengandalkan kapten Asnawi Mangkualam. Namun, kini ia harus bersaing dengan pemain naturalisasi, Sandy Walsh.

Sementara di bek kiri, Pratama Arhan masih akan menjadi pilihan utama pelatih. Meski tak mendapat banyak jam terbang di Liga Jepang, permainan Arhan tetap optimal.

Gelandang: Marc Klok, Ricky Kambuaya

Sang jenderal lapangan tengah, Marc Klok tidak akan tergantikan di Piala AFF 2022. Posisinya sangat penting untuk mengatur pembagian bola dan memutus serangan.

Ricky Kambuaya yang menjadi MVP di Piala AFF 2020 lalu, masih mendapat tempat di hati Shin Tae-yong dalam beberapa partai uji coba internasional Timnas Indonesia.

Striker: Witan Sulaeman, Dimas Drajad, Egy Maulana Vikri

Duo pemain Slovakia, Witan Sulaeman dan Egy Maulana Vikri diprediksi akan menjadi andalan Timnas Indonesia di lini serang.

Tak hanya berkontribusi di Timnas, Witan dan Egy bahkan bisa bersaing mendapat tempat utama di timnya masing-masing di Slovakia, AS Trencin dan FC ViOn Zlaté.

Sementara ujung tombak Timnas Indonesia, nampaknya Shin Tae-yong akan memilih Dimas Drajad. Striker Persikabo itu telah membuktikan kualitasnya di laga uji coba.

Pada laga FIFA Match Day kontra Curacao, Dimas Drajad berkontribusi melesakkan dua gol dalam dua laga, ditambah satu assist. Ia membawa Garuda menang dua dua laga itu.

Berikut adalah starting line up terbaik Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 versi INDOSPORT.com:

Timnas Indonesia (3-4-3): Nadeo Argawinata (GK); Jordi Amat, Rizky Ridho, Elkan Baggott; Sandy Walsh, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Pratama Arhan; Witan Sulaeman, Dimas Drajad, Egy Maulana Vikri.

Artikel ini disponsori oleh Indomie. Jangan lupa beli Indomie Goreng kesukaanmu DI SINI untuk menemani sobat INDOSPORT nonton pertandingan Liga 1 dan Hidupkan Inspirasimu bareng Indomie!