Bola Internasional

Gabung TC Timnas Indonesia di Bali, Sandy Walsh Pasang Target Tinggi di Piala AFF 2022

Kamis, 1 Desember 2022 13:40 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sandy Walsh di Kemenkumham untuk rampungkan proses naturalisasi menjadi WNI, Kamis (17/12/22). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sandy Walsh di Kemenkumham untuk rampungkan proses naturalisasi menjadi WNI, Kamis (17/12/22). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Pemain naturalisasi, Sandy Walsh telah bergabung ke pemusatan latihan Timnas Indonesia untuk persiapan ke Piala AFF 2022. Dua sudah tiga hari berlatih di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong.

Ini merupakan kali kedua Sandy bergabung latihan dengan Skuad Garuda, setelah sebelumnya ikut latihan Mei 2022 lalu di Bandung untuk laga uji coba vs Bangladesh. Tapi, ketika itu dia belum mengantongi paspor Indonesia.

Kali ini, keikutsertaan pemain 27 terasa spesial karena dia baru saja jadi WNI dan disahkan FIFA untuk membela Timnas Indonesia. Artinya, Sandy bisa bermain di Piala AFF 2022.

Oleh sebab itu, Sandy Walsh mengaku sangat antusias berlatih bersama Timnas. Ini momen terbesar dalam hidupnya, setelah dia berusaha untuk jadi WNI sejak 2018 lalu. 

"Tentu sudah lama saya menunggu momen ini. Saya secara resmi menjadi bagian dari tim Timnas Indonesia," bukanya.

"Saya juga sempat ikut (TC) sebentar di Bandung, tapi sekarang hari yang nyata saya sebagai pemain Timnas Indonesia. Saya merasa sangat senang sejak hari pertama," kata Sandy Walsh.

Tak main-main, Sandy Walsh memasang target tinggi di Piala AFF 2022. Bek milik klub Belgia, KV Mechelen ingin juara
bersama Timnas Indonesia untuk yang pertama kalinya.

Indonesia sudah enam kali masuk final Piala AFF, tapi selalu apes. Skuad Garuda jadi runner pada edisi 2000, 2002, 2004, 2010, 2016 dan 2020.

"Target (saya) selalu memenangkan turnamen. Setiap memulai turnamen, kami (Timnas Indonesia) harus punya target setinggi mungkin," ujar Sandy Walsh.

"Dan kita tahu, tahun lalu tim ini mencapai final. Itu adalah momen yang hebat dan sekarang waktunya kita memenangkan turnamen itu," imbuhnya.