Piala Dunia 2022

Hasil Piala Dunia 2022 Tunisia vs Prancis: Wahbi Khazri Hancurkan Les Bleus, tapi Tetap Gagal Lolos

Kamis, 1 Desember 2022 00:03 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© REUTERS-Benoit Tessier
Wahbi Khazri Tunisia merayakan gol pertama Tunisia kontra Prancis di Piala Dunia 2022 REUTERS-Benoit Tessier Copyright: © REUTERS-Benoit Tessier
Wahbi Khazri Tunisia merayakan gol pertama Tunisia kontra Prancis di Piala Dunia 2022 REUTERS-Benoit Tessier

INDOSPORT.COM – Skuad lapis Prancis alami nasib apes dalam matchday terakhir penyisihan Grup D Piala Dunia 2022 usai dibekuk Tunisia 1-0 lewat tunggal Wahbi Khazri, Rabu (30/11/22) di Education City Stadium.

Memaksimalkan umpan Aïssa Laïdouni di menit ke-58’, dengan tenang Wahbi Khazri melewati barisan lini bertahan Prancis dan lepaskan bola ke sudut sempit.

Meski sempat dihadang bek lawan, namun sepakan Wahbi Khazri tetap meluncur ke gawang Steve Mandanda dan membuat Tunisa unggul. Skor 1-0 bertahan hingga laga usai.

Walau sukses amankan kemenangan, namun Tunisa gagal lolos ke babak 16 besar lantaran di tempat lain Australia juga berhasil raih poin penuh saat hadapi Denmark.

Dengan hasil tersebut, Tunisia akhiri babak penyisihan Grup D Piala Dunia 2022 di posisi ketiga lewat torehan empat angka.

Sementara Prancis tetap lolos ke fase knockout dengan status pemuncak klasemen lewat torehan enam angka.

Jalannya Laga
Sudah pastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022, pelatih Timnas coba melakukan rotasi dengan memainkan skuad lapis keduanya di laga terakhir penyisihan grup hari ini.

Nama-nama seperti Matteo Guendouzi, Randal Kolo Muani dan Kingsley Coman dipercaya untuk mengisis lini serang Prancis sejak babak pertama.

Sayangnya, para pemain muda Prancis tersebut gagal tampil maksimal dan membuat Les Bleus lebih banyak ditekan di paruh pertama.

Pada menit ke-8’, Tunisia mampu mencetak gol lewat sundulan Nader Ghandri. Akan tetapi, wasit menganulir gol tersebut lantaran offside.

Memasuki setengah jam laga berjalan, Tunisia kembali dapat peluang. Kali ini giliran Ben Slimane yang mengancam, namun sundulannya masih terlalu lemah dan mudah diamankan oleh Mandanda.

Meski banyak menekan, namun hingga babak pertama berakhir tidak ada gol yang tercipta dari kedua kesebelasan. Skor 0-0 pun jadi hasil sementara laga Tunisia vs Prancis di penyisihan Grup D Piala Dunia 2022.

© REUTERS-Marko Djurica
Aurelien Tchouameni dari Prancis beraksi dengan Wahbi Khazri dari Tunisia di Piala Dunia 2022 REUTERS-Marko Djurica Copyright: REUTERS-Marko DjuricaAurelien Tchouameni dari Prancis beraksi dengan Wahbi Khazri dari Tunisia di Piala Dunia 2022 REUTERS-Marko Djurica

Babak Kedua
Selepas jeda, Tunisia masih mendominasi permainan dan langsung ambil inisiatif untuk menekan pertahanan lawan.

Hasilnya, pada menit ke-58’ para pendukung Tunisia bergemuruh setelah sontekan Wahbi Khazri sukses menjebol gawang Prancis.

Memaksimalkan umpan Laidouni, dengan tenang Khazri yang mendapat penjagaan bek Prancis sukses lepaskan bola rendah dan tak mampu diantisipasi Mandanda. Skor 1-0 untuk Tunisia.

Usai tertinggal, barulah Prancis melakukan perubahan dan memasukan sejumlah bintang untuk cari gol penyama kedudukan.

Nama-nama seperti Kylian Mbappe, Adrien Rabiot hingga Antoine Griezmann masuk untuk menambah daya serang Prancis.

Di menit ke-80’, Prancis hampir menyamakan kedudukan andai sundulan Disasi usai menyambar set piece Griezmann mampu mengarah ke sasaran.

Jelang pertandingan usai, Prancis kembali mengancam. Kali ini lewat akselerasi Mbappe dari sisi kiri pertahanan. Akan tetapi, bola sepakannya masih mampu diantisipasi kiper Tunisia.

Meski banyak menekan, namun hingga peluit panjang berbunyi skor 1-0 untuk keunggulan Tunisia tetap bertahan dan membuat Prancis alami kekalahan perdananya di Piala Dunia 2022.

Susunan Pemain
Tunisia (3-4-2-1):
Aymen Dahmen; Yassine Meriah, Nader Ghandri, Montassar Talbi; Wajdi Kechrida, Ellyes Skhiri, Aissa Laidouni, Ali Maaloul; Anis Ben Slimane, Mohamed Ali Ben Romdhane; Wahbi Khazri.

Prancis (4-3-3):
Steve Mandanda; Axel Disasi, Raphael Varane, Ibrahima Konate, Eduardo Camavinga; Youssouf Fofana, Aurelien Tchouameni, Jordan Veretout; Matteo Guendouzi, Randal Kolo Muani, Kingsley Coman.

Artikel ini disponsori oleh KACANG DUA KELINCI, teman nonton bola.