Piala Dunia 2022

Deretan Rekor Usai Jerman Gagal Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022: Terburuk Sejak 68 Tahun Silam

Jumat, 2 Desember 2022 07:30 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© REUTERS-Wolfgang Rattay
Timnas Jerman gagal melangkah ke babak 16 besar Piala Dunia 2022, meski pada pertandingan terakhir penyisihan Grup E mampu kalahkan Kosta Rika dengan skor 2-4. Copyright: © REUTERS-Wolfgang Rattay
Timnas Jerman gagal melangkah ke babak 16 besar Piala Dunia 2022, meski pada pertandingan terakhir penyisihan Grup E mampu kalahkan Kosta Rika dengan skor 2-4.

INDOSPORT.COM Timnas Jerman secara mengejutkan gagal melangkah ke babak 16 besar Piala Dunia 2022, meski pada pertandingan terakhir penyisihan Grup E mampu kalahkan Kosta Rika dengan skor telak 2-4.

Bertanding di Al Bayt Stadium pada Jumat (02/22/12) dini hari WIB, Jerman memulai laga dengan baik bahkan mampu cetak gol lebih dulu melalui sontekan Serge Gnabry pada menit ke-10’.

Akan tetapi, pada babak kedua Kosta Rika mampu mengimbangi permainan Jerman dan menyamakan kedudukan lewat aksi Yeltsin Tejeda menit ke-58’.

Bahkan, Los Ticos sempat membuat pendukung Timnas Jerman terdiam setelah Juan Pablo Vargas cetak gol kedua buat Kosta Rika pada menit 70’ dan membuat mereka memimpin 2-1.

Namun selang beberapa menit, Kai Havertz menghindarkan Jerman dari kekalahan dengan mencetak gol penyama kedudukan.

Jelang akhir pertandingan, Jerman tampil menggila dengan cetak dua gol tambahan lewat aksi Havertz menit 85’ serta gol Niclas Füllkrug empat menit kemudian. Skor 2-4 bertahan hingga laga berakhir.

Meski berhasil menang, namun Jerman gagal lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 lantaran mereka kalah selisih gol dari Spanyol yang berada di tempat kedua dengan poin sama-sama empat.

Spanyol sendiri di pertandingan terakhir penyisihan Grup E, alami kekalahan mengejutkan dari wakil Asia, Jepang dengan skor 2-1.

Akan tetapi, Tim Matador tetap layak menemani Jepang untuk lolos ke 16 besar lantaran mempunyai keunggulan produktivitas gol.

Bagi Jerman, ini merupakan kali pertama mereka dalam dua edisi Piala Dunia beruntun gagal melewati fase grup.

Sebelumnya pada gelaran Piala Dunia 2018, Timnas Jerman juga tersingkir di fase grup setelah hanya jadi juru kunci Grup F dengan raihan tiga angka.

Selain rekor back to back tersingkir dari fase grup Piala Dunia, berikut deretan catatan yang dibuat Jerman pascalaga menghadapi Kosta Rika semalam: