Piala Dunia 2022

Hasil Piala Dunia 2022 Jepang vs Spanyol: Comeback dan Juara Grup! The Blue Samurai Birukan Qatar!

Jumat, 2 Desember 2022 03:58 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Grafis: Hendro Hardiyanto/INDOSPORT
Epic comeback dengan skor 2-1 mewarnai laga Grup E Piala Dunia 2022 antara Jepang vs Spanyol pada Jumat (02/12/22) dini hari di Khalifa International Stadium. Copyright: © Grafis: Hendro Hardiyanto/INDOSPORT
Epic comeback dengan skor 2-1 mewarnai laga Grup E Piala Dunia 2022 antara Jepang vs Spanyol pada Jumat (02/12/22) dini hari di Khalifa International Stadium.

INDOSPORT.COM - Epic comeback dengan skor 2-1 mewarnai laga Grup E Piala Dunia 2022 antara Jepang vs Spanyol pada Jumat (02/12/22) dini hari di Khalifa International Stadium usai lesakan Ritsu Doan dan Ao Tanaka menetralisir gol cepat Alvaro Morata.

Dengan hasil ini The Blue Samurai berhak menjadi juara kumpulan dengan raihan enam poin dari tiga pertandingan dan melanjutkan petualangan di Qatar dengan melaju ke babak 16 besar.

Sementara itu walau tumbang La Furia Roja tetap masih bisa lolos menuju fase selanjutnya meski punya poin sama (empat) dengan Jerman. Selisih gol jadi alasan kenapa mereka berhak menggengam tiket lolos.

Jalannya Pertandingan

Spanyol memutuskan untuk melakukan sedikit rotasi di laga ini. Alvaro Morata dan Alejandro Balde diberi kesempatan sebagai starter. Bahkan Rodri yang sejatinya seorang gelandang pun dipasang menjadi bek tengah.

Walau demikiam negeri matador tetap dominan dan menguasai jalannya pertandingan. Pertahanan Jepang yang menggunakan skema tiga bek pun dapat mereka jebol dengan cepat.

Alvaro Morata melanjutkan kampanye apiknya di Piala Dunia 2022 dengan mengemas gol ketiga pada menit 11 meneruskan crossing Cesar Azpilicueta dengan tandukan jarak dekat.

Di sisa waktu paruh pertama Spanyol berulang kali mendapatkan kans untuk memperlebar jarak namun Jepang pada akhinya bisa bertahan untuk tidak lagi kemasukan sampai jeda pergantian babak tiba.

© REUTERS-Dylan Martinez
Daizen Maeda dan Daichi Kamada Jepang merayakan gol kedua mereka yang dicetak oleh Ao Tanaka REUTERS-Dylan Martinez Copyright: REUTERS-Dylan MartinezDaizen Maeda dan Daichi Kamada Jepang merayakan gol kedua mereka yang dicetak oleh Ao Tanaka REUTERS-Dylan Martinez

Babak Kedua

Pada babak kedua, Jepang yang sadar butuh bermain lebih berani pun melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Kaoru Mitoma dan Ritsu Doan demi menyegarkan lini depan.

Taktik tersebut langsung terbukti keampuhannya setelah Doan langsung mencetak gol penyama kedudukan di menit ke-48. Memanfaatkan groginya barisan bek Spanyol, penyerang kidal tersebut melepaskan sepakan kaki kiri keras yang gagal ditepis sempurna oleh kiper Unai Simon.

Seketika harapan langsung membanjiri hati para pendukung negeri sakura namun kejutan dari anak-anak asuh Hajime Moriyasu belum berhenti sampai di situ.

Hanya 142 detik setelah gol pertama mereka, Jepang berbalik unggul lewat lesakan kontroversial Ao Tanaka yang harus melalui inspeksi VAR dulu sebelum dirayakan.

Rekaman ulang menunjukkan bola tampak sudah melewati garis lapangan kala Mitoma melakukan cutback dari crossing Doan yang mana disambar Tanaka menjadi gol namun wasit dan petugas VAR punya pendapat lain.

Spanyol kemudian mendominasi sisa pertandingan namun pertahanan gerendel Jepang bisa mempertahankan skor 2-1 hingga injury time yang berdurasi tujuh menit berakhir.

Susunan Pemain Jepang vs Spanyol di Piala Dunia 2022

Jepang (3-4-3): Shuichi Gonda, Ko Itakura, Maya Yoshida, Shogo Taniguchi, Junya Ito, Hidmeasa Morita, Ao Tanak, Yuto Nagatomo, Daichi Kamada, Daizen Maeda, Takefusa Kubo

Cadangan: Eiji Kawashima, Daniel Schmidt, Miki Yamane, Takehiro Tomiyasu, Hiroki Sakai, Hiroki Ito, Wataru Endo, Gaku Shibasaki, Ritsu Doan, Kaoru Mitoma, Takumi Minamino, Yuki Soma, Takuma Asano, Shuto Machino, Ayase Ueda

Spanyol (4-3-3): Unai Simon, Cesar Azpilicueta, Rodri, Pau Torres, Alejandro Balde, Gavi, Sergio Busquets, Pedri, Nico Williams, Alvaro Morata, Dani Olmo

Cadangan: Robert Sanchez, David Raya, Eric Garcia, Hugo Guillamon, Jordi Alba, Dani Carvajal, Aymeric Laporte, Marcos Llorente, Koke, Carlose Soler, Marco Asensio, Ferran Torres, Yeremi Pino, Pablo Sarabia, Ansu Fati

Artikel ini disponsori oleh AICE Official Ice Cream untuk FIFA World Cup Qatar 2022.