Liga Indonesia

Lanjutan Liga 2 Molor Lagi, PSIM Putar Otak Jalankan Program Khusus

Jumat, 2 Desember 2022 10:10 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Subhan Wirawan
© PSIM Yogyakarta
PSIM Yogyakarta putar otak agar semangat pemain tak mengendur setelah lanjutan kompetisi Liga 2 Indonesia 2022/2023 molor lagi. Copyright: © PSIM Yogyakarta
PSIM Yogyakarta putar otak agar semangat pemain tak mengendur setelah lanjutan kompetisi Liga 2 Indonesia 2022/2023 molor lagi.

INDOSPORT.COM - PSIM Yogyakarta putar otak agar semangat pemain tak mengendur setelah lanjutan kompetisi Liga 2 2022/2023 molor lagi. Program khusus dijalankan Laskar Mataram untuk menjaga stabilitas tim.

Liga 2 otomatis terkena dampak ketika Liga 1 batal dilanjutkan pada Jumat (2/12/22). Sejauh ini, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi belum bisa memastikan kapan liga jalan lagi.

Polri sebagai institusi pemberi izin keramaian masih menunggu hasil pengecekan venue oleh Kementerian PUPR. Stadion yang dicek ada di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Situasi tak pasti yang ada di kompetisi Tanah Air membuat klub-klub Liga 2 mulai bimbang lagi. Bisa-bisa beberapa tim yang sudah kembali dari libur panjang, bakal meniadakan latihan bersama lagi.

PSIM Yogyakarta menjadi tim yang memutuskan untuk tetap latihan. Maklum saja, pada November lalu, PSIM sempat meliburkan tim selama dua pekan.

Pelatih PSIM, Erwan Hendarwanto, cukup senang melihat situasi tim, setelah kepastian Liga 1 batal dimulai Jumat sore. Pada sesi latihan Kamis pagi, Cristian Gonzales dkk. bisa mengikuti latihan dengan maksimal.

"Alhamdulillah para pemain tetap dalam kondisi yang bagus, terutama dari suasana, mereka tetap ceria dalam melakukan aktivitas latihan," kata Erwan, Kamis (1/12/22).

Erwan menuturkan, pada sesi latihan Kamis pagi, Laskar Mataram diberi materi pressing di sepertiga pertahanan lawan. Program ini sebenarnya dijadwalkan pada Rabu sore.

Namun, cuaca tak bersahabat di Yogyakarta membuat kondisi lapangan terganggu. Alhasil, sesi latihan Rabu sore dibatalkan dan program baru dilakukan Kamis pagi.

Menurut Erwan, efek dari batalnya Liga 1 dimulai Jumat belum dirasakan skuat Laskar Mataram. Setelah diberi libur dua pekan, para pemain bisa menjalankan kewajiban dengan bagus.

"Sejauh ini belum ada efek apapun. Kondisi dan suasana tim masih terjaga, motivasi pemain selalu terjaga, karena kita balance antara memberi mereka libur setiap akhir pekan, ada aktivitas latihan dan uji tanding juga. Sejauh ini masih terjaga dengan bagus," jelas Erwan.