Piala Dunia 2022

Luis Suarez Si Tangan Iblis, Kilas Balik Laga Ghana vs Uruguay di Piala Dunia 2010

Jumat, 2 Desember 2022 14:05 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Indra Citra Sena
© Reuters/Leonhard Foeger
Pemain Nacional, Luis Suarez saat laga persahabatan antara Iran vs Uruguay Copyright: © Reuters/Leonhard Foeger
Pemain Nacional, Luis Suarez saat laga persahabatan antara Iran vs Uruguay

INDOSPORT.COM - Mengenang laga Ghana vs Uruguay di Piala Dunia 2010 yang membuat seorang Luis Suarez menjadi musuh masyarakat karena tindakannya.

Piala Dunia 2022 akan kembali melanjutkan duel hidup mati. Kini, duel hidup mati akan tersaji di dua grup terakhir, yakni grup G dan grup H.

Duel hidup mati ini akan menentukan nasib enam tim di Piala Dunia 2022 ini, terkait perjalanan selanjutnya di ajang ini, entah itu melaju ke babak 16 besar atau pulang lebih cepat.

Keenam tim dari grup G dan grup H ini akan memperebutkan dua tiket tersisa ke babak 16 besar dalam empat laga yang tersaji.

Salah satu laga yang tersaji adalah duel antara Ghana vs Uruguay yang berasal dari grup H. Kedua tim ini akan memperebutkan satu dari dua tiket ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Secara matematis, baik Ghana dan Uruguay masih memiliki kesempatan untuk lolos ke babak 16 besar dengan satu laga tersisa saja.

Posisi Ghana lebih diuntungkan karena telah meraih tiga poin dan duduk di posisi kedua, berbeda dengan Uruguay yang duduk di posisi juru kunci grup G dengan raihan satu poin.

Tak ayal duel panas pun diyakini akan tercipta di laga ini mengingat masing-masing tim akan mencoba mencari kemenangan demi meraih tiket ke babak 16 besar.

Namun tak hanya duel perebutan tiket ke babak 16 besar saja yang menjadi topik di laga Ghana vs Uruguay ini. Ada satu sosok yang akan menjadi pusat perhatian jelang maupun sepanjang duel ini nanti.

Sosok tersebut adalah Luis Suarez. Kehadirannya menjadi perbincangan di jelang dan di tengah laga Ghana vs Uruguay karena tindakannya yang saat kedua tim bertemu di Piala Dunia 2010.

Bukan tanpa sebab Luis Suarez menjadi pusat perhatian menjelang duel hidup mati Ghana vs Uruguay di Piala Dunia 2022.

Pasalnya, Suarez memiliki aib Tangan Iblis yang membuatnya dibenci oleh pendukung Ghana, setidaknya hingga saat ini.

Aib Tangan Iblis ini terjadi pada Piala Dunia 2010, saat Uruguay dan Ghana bertemu di perempat final, 2 Juli 2010. Kedua tim bermain ngotot dan menampilkan permainan terbaiknya demi tiket ke empat besar.

Di atas lapangan, tampak kedua tim bermain imbang. Pun dengan hasil yang tercipta sepanjang 90 menit laga, di mana skor 1-1 bertahan hingga pertandingan usai dan memaksa laga berlanjut ke tambahan waktu.