In-depth

Profil Jonathan David, Bintang Kejutan Kanada di Piala Dunia 2022 yang Siap Gabung AC Milan

Jumat, 2 Desember 2022 15:05 WIB
Editor: Juni Adi
© Reuters/Matthew Childs
Jonathan David, penyerang Lille, saat berduel dengan bek Chelsea yakni Thiago Silva (Foto: Reuters/Matthew Childs) Copyright: © Reuters/Matthew Childs
Jonathan David, penyerang Lille, saat berduel dengan bek Chelsea yakni Thiago Silva (Foto: Reuters/Matthew Childs)

INDOSPORT.COM - Jonathan David tengah jadi komoditi panas jelang bursa transfer musim dingin karena performa apiknya bersama AC Milan dan Timnas Kanada di Piala Dunia 2022.

Timnas Kanada harus menelan hasil mengecewakan saat tampil di Piala Dunia 2022. Ini merupakan pertama kalinya mereka bisa bermain di putaran final sejak terakhir kali pada 1986 lalu.

Kanada tergabung di Grup F bersama negara-negara kuat macem Belgia, Kroasia dan Maroko. Dari tiga laga yang sudah dilakoni, Kanda belum mampu meraih satu pun poin.

Mereka selalu kalah dari tiga pertandingan babak penyisihan grup. Tumbang 1-0 dari Belgia, dibantai Kroasia 4-1 dan kalah tipis dari Maroko 2-1.

Alhasil Kanada berada di dasar klasemen dan dipastikan tersingkir dari Piala Dunia 2022. Sebelum turnamen empat tahunan itu bergulir, Kanada disebut-sebut akan jadi kuda hitam.

Sebab tim besutan pelatih John Herdman ini dihuni banyak pemain berkualitas bintang, yang berkarier di Eropa. 

Agar tidak mengecewakan di Qatar, John Herdman dituntut mempersiapkan skuatnya yang didominasi oleh para pemain muda.

Tercatat, umur skuat timnas Kanada saat ini memiliki rata-rata 25,6 tahun dengan pemain paling senior berumur 35 tahun.

Nama-nama seperti Tajon Buchanan serta Alphonso Davies akan menjadi pilar andalan Les Rouges, namun ada satu pilar yang akan siap mengancam pertahanan lawan di turnamen tersebut yaitu Jonathan David.

Ekspektasi tinggi disandingkan untuk Jonathan David yang diharapkan bisa jadi tumpuan Kanada di lini depan.

Statusnya sebagai pemain tersubur ketiga di Liga Prancis dengan torehan 9 gol dan 3 assist, jadi salah satu alasannya.

Namun sayang bomber berusia 22 tahun itu gagal menunjukan ketajamannya. Dari tiga pertandingan babak penyisihan grup Piala Dunia 2022, ia belum mampu menjebol gawang lawan.