Piala Dunia 2022

Asia Mendominasi, 5 Tim Kuda Hitam yang Buat Kejutan Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

Sabtu, 3 Desember 2022 09:38 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS/Susana Vera
Selebrasi para pemain Timnas Jepang usai memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Susana Vera). Copyright: © REUTERS/Susana Vera
Selebrasi para pemain Timnas Jepang usai memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Susana Vera).

INDOSPORT.COM – Berikut lima tim kuda hitam yang berhasil membuat kejutan di Piala Dunia 2022 dengan lolos ke babak 16 besar, di mana wakil Asia mendominasi.

Babak grup Piala Dunia 2022 telah berakhir seiring tuntasnya pertandingan yang tersaji di grup G dan grup H, Jumat malam hingga Sabtu (03/12/22) dinihari WIB

Tuntasnya laga di grup G dan grup H pun akhirnya melengkapi 16 negara yang akan memulai perjalanannya di babak gugur ajang empat tahunan itu.

Beberapa negara besar pun masih mendominasi babak gugur seperti Belanda, Inggris, Amerika Serikat, Argentina, Prancis, Kroasia, Spanyol, Brasil, dan Portugal.

Sedangkan beberapa negara yang berhasil lolos ke babak 16 besar adalah tim-tim kejutan yang tak pernah disangka bisa lolos dari fase grup dan menembus babak gugur.

Setidaknya ada lima negara di Piala Dunia 2022 ini yang berstatus kuda hitam dan membuat kejutan dengan lolos ke babak 16 besar.

Siapa saja tim kuda hitam itu? Berikut ulasan INDOSPORT.

1. Jepang

Jepang mungkin menjadi tim paling mengejutkan sepanjang Piala Dunia 2022 ini. Bagaimana tidak, tim Samurai Biru lolos ke babak 16 besar melangkahi tim sekelas Jerman di fase grup.

Tergabung di grup neraka, yakni grup E bersama Spanyol, Jerman, dan Kosta Rika, Jepang yang diprediksi tak lolos justru bisa keluar sebagai juara grup.

Hebatnya lagi, dalam perjalanannya menjadi juara grup E Piala Dunia 2022, Jepang berhasil mengalahkan dua tim unggulan, yakni Spanyol dan Jerman dengan skor 2-1.