Piala Dunia 2022

Hajime Moriyasu, Dulu Menangis di Pakansari Kini jadi Pahlawan Jepang di Piala Dunia 2022

Sabtu, 3 Desember 2022 08:20 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© Dok. J-League
Berikut adalah sekilas tentang Hajime Moriyasu, pelatih yang jadi pahlawan Timnas Jepang, hingga lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar. Copyright: © Dok. J-League
Berikut adalah sekilas tentang Hajime Moriyasu, pelatih yang jadi pahlawan Timnas Jepang, hingga lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar.

INDOSPORT.COM - Berikut adalah sekilas tentang Hajime Moriyasu, pelatih yang jadi pahlawan Timnas Jepang, hingga lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar.

Jepang datang ke Piala Dunia 2022 dengan status tak diunggulkan. Namun, mereka bisa jadi juara 'grup neraka' usai mengalahkan tim raksasa Eropa, Jerman dan Spanyol.

Jepang sukses membekuk Jerman di angka 2-1, sempat kalah dari Kosta Rika skor 0-1, tapi di partai penentu, Samurai Biru berhasil menaklukkan Spanyol dan lolos ke 16 besar.

Pencapaian ini tak lepas dari tangan dingin pelatih asal Shizuoka, Hajime Moriyasu. Hajime Moriyasu pun ikut berbicara tentang kebangkitan sepak bola Asia di Piala Dunia.

"Bagi Asia secara keseluruhan, dan juga Jepang, kemenangan kami atas Spanyol dan Jerman, dua tim dengan peringkat teratas dunia, akan memberikan kami kepercayaan diri yang sangat besar."

"Banyak hal yang dapat kita pelajari, bahwa Asia juga bisa menang di panggung dunia. Jepang bisa menang di panggung dunia."

"Saya pikir semua orang di Asia akan bisa ikut merasakan kebahagiaan kami," kata Moriyasu selepas laga kontra Spanyol.

Jika saat ini masyarakat Indonesia ikut berbangga dengan pencapaian Jepang di Piala Dunia 2022, tetapi mungkin banyak yang belum tahu perjalanan karier Moriyasu.

Faktanya, Hajime Moriyasu sendiri pernah menukangi Timnas Jepang U-23 di Asian Games 2018 di Indonesia, dan Stadion Pakansari menjadi saksi perjuangannya.