Piala Dunia 2022

Starting XI Terbaik Belanda untuk Lawan Amerika di 16 Besar Piala Dunia 2022

Sabtu, 3 Desember 2022 13:01 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS/Piroschka Van De Wouw
Berikut Staring XI terbaik yang bisa digunakan Belanda kala melawan Amerika Serikat di babak 16 besar Piala Dunia 2022. REUTERS/Piroschka Van De Wouw Copyright: © REUTERS/Piroschka Van De Wouw
Berikut Staring XI terbaik yang bisa digunakan Belanda kala melawan Amerika Serikat di babak 16 besar Piala Dunia 2022. REUTERS/Piroschka Van De Wouw

INDOSPORT.COM – Berikut Staring XI terbaik yang bisa digunakan Belanda kala melawan Amerika Serikat di babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Selepas merampungkan fase grup, kini Piala Dunia 2022 akan menyajikan babak 16 besar yang dibuka oleh laga antara Belanda vs Amerika Serikat, Sabtu (03/12/22).

Tim asuhan Louis van Gaal berhasil menembus babak 16 besar sebagai juara grup A dengan raihan tujuh poin. Sedangkan Amerika Serikat berhasil menembus babak ini usai menjadi runner-up grup B dengan lima poin.

Kedua tim memiliki kemiripan dalam keberhasilannya menembus babak 16 besar ini, yakni belum pernah merasakan kekalahan satu pun di Piala Dunia 2022.

Karenanya, di babak 16 besar ini baik Belanda dan Amerika Serikat harus memberikan kekalahan perdana sekaligus menyingkirkan lawannya demi tiket ke babak perempat final Piala Dunia 2022.

Secara kualitas permainan, Belanda lebih diunggulkan ketimbang Amerika Serikat. Apalagi De Oranje memiliki materi pemain kelas wahid di setiap lininya.

Namun Amerika Serikat bukanlah lawan kacangan. Negeri Paman Sam berisikan pemain muda berkualitas yang punya pengalaman di klub-klub besar Eropa.

Sebut saja pemain-pemain seperti Christian Pulisic, Giovanni Reyna, Sergino Dest, Tyler Adams, Weston McKennie, Brendan Aaronson, dan Matt Turner.

Sederet pemain ini tercatat bermain di klub-klub besar Eropa, sama seperti Belanda, dan menjadi andalan bagi klub-klub yang dibelanya.

Alhasil, Louis van Gaal selaku pelatih Belanda harus menyiapkan taktik dan komposisi pemain terbaiknya dan juga yang tepat agar De Oranje bisa lolos ke perempat final Piala Dunia 2022.

Berikut Starting XI terbaik yang bisa digunakan Belanda agar bisa menumbangkan Amerika Serikat dan lolos ke perempat final Piala Dunia 2022.

Formasi 3 Bek

Di Piala Dunia 2022 ini, Louis van Gaal selalu mengandalkan formasi tiga bek dan memfokuskan permainan Belanda pada lebar lapangan.

Pasalnya, Belanda dihuni oleh winger-winger maupun wingback yang punya kecepatan dan daya jelajah mumpuni untuk menyerang dan bertahan.

Hal ini terbukti dari moncernya sosok Cody Gakpo yang berstatus top skor Belanda di Piala Dunia 2022 ini dengan sumbangan tiga gol.

Selain itu, formasi tiga bek ini membuat Belanda bisa menyerang secara total dengan mengandalkan tujuh pemain di area lawan dan bertahan dengan sama baiknya dengan mengandalkan lima bek.

Dengan formasi tiga bek itu, bagaimana Starting XI yang tepat dan bisa digunakan Belanda untuk menjinakkan Amerika Serikat? Berikut formasinya.

Belanda (3-4-1-2)

Andries Noppert; Matthijs de Ligt, Virgil van Dijk, Nathan Ake; Denzel Dumfries, Steven Berghuis, Frenkie de Jong, Daley Blind; Davy Klassen; Cody Gakpo, Memphis Depay

Artikel ini disponsori oleh KACANG DUA KELINCI, teman nonton bola.