Piala Dunia 2022

Tatap Laga Belanda vs Amerika Serikat, Louis van Gaal Damprat Media yang Jadi Pengganggu

Sabtu, 3 Desember 2022 14:28 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Prio Hari Kristanto
© REUTERS/Carl Recine
Pelatih Belanda Louis van Gaal berjabat tangan dengan Virgil van Dijk usai pertandingan di grup A Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Carl Recine) Copyright: © REUTERS/Carl Recine
Pelatih Belanda Louis van Gaal berjabat tangan dengan Virgil van Dijk usai pertandingan di grup A Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Carl Recine)

INDOSPORT.COM – Jelang duel babak 16 besar Piala Dunia 2022 antara Belanda vs Amerika Serikat, pelatih kawakan Louis van Gaal mendamprat media.

Pasalnya, Louis van Gaal menyebut bahwa timnas Belanda garapannya tak akan kalah hanya karena terkena kritik dari media.

Seperti diketahui, duel babak 16 besar di pertandingan pertama akan mempertemukan timnas Belanda vs Amerika Serikat di Khalifa International Stadium pada hari Sabtu (03/12/22).

Belakangan, taktik garapan Louis van Gaal selalu mendapat kritik dari media Belanda dan banyak fans.

Bahkan, salah satu surat kabar besar Belanda, De Telegraaf menyebut bahwa kemenangan Belanda atas Qatar pada matchday terakhir Piala Dunia 2022 adalah sebuah parodi sepak bola.

Kendati demikian, dilansir dari Independent, Van Gaal menepis kritik tersebut dan situasi ini mirip dengan komplain di Piala Dunia 2014 yang digelar di Brasil.

“Mungkin, jawaban dari pertanyaan Telegraf adalah pada 2014 (sukses ke semifinal). Semua sama, tak ada perbedaan (kritikan) dan semuanya sangat negatif dan kurang lebih sama sekarang,” ujar Van Gaal.

“Ini sama dengan dulu dan saya menggunakan semuanya (taktik yang sama) dan saya pikir pemain juga cukup tenang untuk meneruskan apa yang sudah kami jalani,” kata eks pelatih Manchester United ini.

Namun demikian, Louis van Gaal yang menangani timnas Belanda untuk periode ketiga selama gelaran Piala Dunia 2022 menyebut bahwa media selalu punya opini berbeda.

“Media punya opini berbeda daripada saya, jadi saya tak ingin mengganggu mereka lagi,” ujar Van Gaal.