Piala Dunia 2022

3 Fakta Menarik Pasca Belanda Tumbangkan Amerika di Piala Dunia 2022

Minggu, 4 Desember 2022 04:17 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© REUTERS-Wolfgang Rattay
Partai 16 besar Piala Dunia 2022 antara Belanda vs Amerika Serikat yang digelar pada Sabtu (03/12/22) malam lau melahirkan sejumlah fakta menarik. REUTERS-Wolfgang Rattay Copyright: © REUTERS-Wolfgang Rattay
Partai 16 besar Piala Dunia 2022 antara Belanda vs Amerika Serikat yang digelar pada Sabtu (03/12/22) malam lau melahirkan sejumlah fakta menarik. REUTERS-Wolfgang Rattay

INDOSPORT.COM - Partai 16 besar Piala Dunia 2022 antara Belanda vs Amerika Serikat yang digelar pada Sabtu (03/12/22) malam lau melahirkan sejumlah fakta menarik.

De Oranje sebagai pemenang dengan skor 3-1 semakin difavoritkan untuk menjadi juara namun The Stars and Stripes meski harus pulang tetap mengukir sejumlah catatan positif.

Berikut ini adalah 3 fakta menarik yang tercatat dalam duel Belanda vs Amerika Serikat di Piala Dunia 2022.

1. Van Gaal Lanjutkan Tren Tanpa Kekalahan

Sejak kembali ditunjuk oleh KNVB menangani Virgil van Dijk cs pada September 2021 silam, Louis van Gaal sama sekali tidak tersentuh kekalahan di 19 partai internasional.

Rinciannya adalah 14 kali menang dan lima sisanya berimbang. Rata-rata poin per laganya menjadi 2,47 dan ini adalah rekor terbaik Van Gaal selama bersama Belanda.

Alasan Belanda untuk optimis bisa berjaya di Qatar tidak hanya itu saja. Van Gaal masih punya rekor apik lain yang dapat menaikkan moral mereka.

Eks bos Manchester United, Barcelona, dan Bayern Munchen rupanya sama sekali tidak pernah kalah di pertandingan putaran final Piala Dunia yang berakhir di waktu normal.

2. AS Tim Termuda di Fase Knockout Piala Dunia 2022

Hanya bisa membalas sekali lewat lesakan Haji Wright saat gawang Matt Turner tiga kali kemasukan gol Memphis Depay, Daley Blind, dan Denzel Dumfries tidak seharusnya membuat AS berkecil hati.

Mereka masih minim pengalaman dibandingkan dengan Belanda. Anak-anak asuh Gregg Berhalter adalah salah satu tim termuda di Qatar.

Pada Piala Dunia 2022, AS punya skuat dengan rataan usia 25,2 tahun atau hanya kalah dari Ghana (24,7).

Christian Pulisic dan kolega boleh menepuk dada jadi yang tim paling hijau di 16 besar turnamen empat tahunan edisi kali ini. Kala menjadi tuan rumah di 2026, dipastikan AS akan jauh lebih kuat dan matang/

3. Depay Dekati Status Top Skor Belanda

Dalam beberapa tahun terakhir karier Memphis Depay seolah jarang terdengar bahkan ketika ia bergabung dengan Barcelona sejak musim lalu. Hanya saja saat memperkuat Belanda, sang penyerang selalu jadi headline.

Golnya yang membuka kemenangan Belanda atas Amerika Serikat adalah gol nomor 43 atasa namanya di ajang internasional.

Tidak ada pemain negeri tulip lain yang lebih subur ketimbang dirinya selain Robin van Persie (50) alias hanya butuh tujuh gol saja sebelum Depay menggusur mantan rekannya di Manchester United itu dari status top skor sepanjang masa Belanda.

Artikel ini disponsori oleh KACANG DUA KELINCI, teman nonton bola.