Piala Dunia 2022

Piala Dunia 2022: Lolos ke 8 Besar, Van Gaal Bakal Bawa Belanda Juara dengan Rekor Luar Biasa Ini

Minggu, 4 Desember 2022 02:52 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© REUTERS-John Sibley
Belanda jadi tim pertama yanglolos ke delapan besar Piala Dunia 2022 usai mengalahkan Amerika Serikat (AS) 3-1 dan Louis van Gaal berhak mendapatkan kredit. REUTERS-John Sibley Copyright: © REUTERS-John Sibley
Belanda jadi tim pertama yanglolos ke delapan besar Piala Dunia 2022 usai mengalahkan Amerika Serikat (AS) 3-1 dan Louis van Gaal berhak mendapatkan kredit. REUTERS-John Sibley

INDOSPORT.COM - Belanda jadi tim pertama yanglolos ke delapan besar Piala Dunia 2022 usai mengalahkan Amerika Serikat (AS) 3-1 dan Louis van Gaal berhak mendapatkan kredit.

Pelatih kawakan berusia 71 tahun itu kini semakin memperpanjang rekor positifnya bersama De Oranje yakni tidak pernah dalam 19 laga terakhir.

Meski kelihatannya menang meyakinkan, namun Belanda tetap harus berjuang keras di Khalifa International Stadium pada Sabtu (03/12/22) malam lalu.

Van Gaal memberikan instruksi tepat untuk kapan bermain dengan pertahanan rapat dan kapat saatnya menunjukkan kebolehan mereka dalam memainkan umpan-umpan pendek.

Hasilnya meski AS unggul dalam penguasaan bola sampai 58,4% namun Belanda tetap bisa jadi tim yang lebih baik.

Gol-gol dari Memphis Depay (10'), Daley Blind (45'), dan Denzel Dumfreis (81') hanya bisa dibalas sekali oleh Haji Wright (76').

Hasilnya kini Belanda semakin dipandang sebagai tim favorit untuk memenangkan Piala Dunia 2022. Apalagi dengan magis Louis van Gaal yang sepertinya mengincar sukses di periode ketiganya menangani tim nasional negeri tulip.

Sejak kembali ditunjuk oleh KNVB menangani Virgil van Dijk cs pada September 2021 silam, sang meneer sama sekali tidak tersentuh kekalahan di 19 partai internasional.

Rinciannya adalah 14 kali menang dan lima sisanya berimbang. Rata-rata poi per laganya menjadi 2,47 dan ini adalah rekor terbaik Van Gaal selama bersama Belanda.

Alasan Belanda untuk optimis bisa berjaya di Qatar tidak hanya itu saja. Van Gaal masih punya rekor apik lain yang dapat menaikkan moral mereka.