Piala Dunia 2022

5 Laga Kejutan di Fase Grup Piala Dunia 2022

Minggu, 4 Desember 2022 11:19 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS/Matthew Childs
Kiper Jerman Manuel Neuer terlihat sedih usai timnya kalah dari tim Jepang di Piala Dunia Qatar2022. (Foto: REUTERS/Matthew Childs) Copyright: © REUTERS/Matthew Childs
Kiper Jerman Manuel Neuer terlihat sedih usai timnya kalah dari tim Jepang di Piala Dunia Qatar2022. (Foto: REUTERS/Matthew Childs)

INDOSPORT.COM – Piala Dunia 2022 memang sudah memasuki fase gugur. Namun keseruan di babak fase grup yang menghadirkan banyak laga kejutan membuat banyak pihak sulit ‘Move On'.

Saat ini Piala Dunia 2022 telah menggelar babak 16 besar yang mempertemukan juara dan runner up dari delapan grup yang ada.

Meski telah memasuki fase-fase menentukan, keseruan di babak grup Piala Dunia 2022 tak bisa lepas dari ingatan begitu saja.

Pasalnya di fase grup tersebut, hadir beberapa laga yang memiliki hasil mengejutkan dan membuat prediksi banyak pihak mental.

Salah satunya adalah kegagalan Jerman dan Belgia lolos dari fase grup setelah keduanya hanya menempati posisi ketiga di grup masing-masing.

Kedua tim unggulan ini harus menempati posisi ketiga di grup masing-masing karena sempat merasakan kekalahan dari tim-tim semenjana di babak grup Piala Dunia 2022.

Selain Jerman dan Belgia, ada beberapa negara unggulan lainnya yang juga merasakan kekalahan dari tim semenjana di babak grup.

Namun beberapa negara unggulan ini memiliki nasib yang berbeda dengan Jerman dan Belgia dengan lolos ke babak 16 besar.

Berikut INDOSPORT rangkum lima laga kejutan di fase grup Piala Dunia 2022 kala tim-tim semenjana mengalahkan para raksasa.

1. Argentina 1-2 Arab Saudi

Kejutan pertama di babak grup Piala Dunia 2022 hadir dari laga perdana grup C kala Argentina dibungkam oleh wakil Asia, Arab Saudi.

Argentina yang dijagokan menang di laga ini, sempat unggul cepat lewat penalti Lionel Messi. Nahas di babak kedua, gawang La Albiceleste dicecar oleh Arab Saudi lewat dua gol Saleh Al-Shehri dan Salem Al-Dawsari.

2. Jerman 1-2 Jepang

Usai kejutan yang diberikan Arab Saudi, wakil Asia lainnya, Jepang, tak mau ketinggalan dengan membungkam tim unggulan Jerman di laga pertama grup E Piala Dunia 2022.

Hampir sama dengan laga Argentina vs Arab Saudi, Jerman sempat unggul lewat penalti Ilkay Gundogan di paruh pertama. Namun di babak kedua, Jepang memberikan kejutan dengan dua gol lewat Ritsu Doan dan Takuma Asano.

3. Belgia 0-2 Maroko

Kejutan di fase grup Piala Dunia 2022 kembali berlanjut di laga kedua grup F kala Belgia dibuat tak berdaya oleh Maroko dengan skor 0-2.

Belgia yang diunggulkan bakal menang, harus tak berkutik di hadapan Maroko yang berhasil mencetak dua gol di babak kedua lewat Abdelhamid Sabiri dan Zakaria Aboukhlal.

4. Jepang 2-1 Spanyol

Kejutan di fase grup Piala Dunia 2022 juga tercipta di laga pamungkas grup E saat Jepang menghajar Spanyol dengan skor 2-1.

Di laga hidup mati demi tiket ke babak 16 besar itu, Jepang sempat tertinggal lewat gol Alvaro Morata di babak pertama, sebelum membalikkan keadaan lewat Ritsu Doan dan gol kontroversial Ao Tanaka di paruh kedua.

5. Korea Selatan 2-1 Portugal

Di laga penentuan grup H, kejutan juga tercipta saat Korea Selatan yang belum pernah menang, mampu menghajar Portugal dengan skor 2-1.

Sempat tertinggal lewat gol cepat Ricardo Horta, Korea Selatan mampu membalikkan keadaan lewat gol Kim Young-gwon di babak pertama dan gol telat Hwang Hee-chan yang memastikan langkah Taeguk Warriors ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Artikel ini disponsori oleh KACANG DUA KELINCI, teman nonton bola.