Piala Dunia 2022

Masuk 16 Besar Piala Dunia 2022, 3 Faktor Kecil Bikin Inggris Bisa Kalah dari Adu Penalti

Minggu, 4 Desember 2022 11:32 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Juni Adi
© Reuters/Jason Cairnduff
Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate. Foto: Reuters/Jason Cairnduff. Copyright: © Reuters/Jason Cairnduff
Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate. Foto: Reuters/Jason Cairnduff.

INDOSPORT.COM – Timnas Inggris dikenal sebagai pihak yang kerap kali terkena sial ketika menjalani adu penalti. Berikut 4 saran kecil agar tak gagal di Piala Dunia 2022.

Timnas Inggris dikenal sebagai tim yang kerap kali gagal lolos dari babak gugur ketika menjalani adu penalti.

Bahkan, rekor The Three Lions sangat buruk ketika masuk babak tos-tosan ini, mengingat hanya dua kali mereka menang dari total sembilan partai di kompetisi besar.

Rekor buruk itu sempat pecah ketika menang atas Kolombia di babak 16 besar Piala Dunia 2018, tetapi kembali terjadi ketika Inggris menjalani babak final Piala Eropa 2020.

Ada setidaknya empat faktor kecil yang membuat timnas Inggris kesulitan lolos dari babak adu penalti ketika berada di fase gugur dan harus diperhatikan jelang laga 16 besar Piala Dunia 2022 kontra Senegal.

Waktu Tunggu

Waktu tunggu ketika menendang penalti menjadi salah satu kelemahan Inggris saat menjalani babak adu penalti di kompetisi besar.

Untuk mencetak penalti nan sempurna, seorang pemain harus mencari celah untuk menendang keras, sehingga bisa sukses mencetak gol.

Temuan ini diungkapkan oleh Ben Lyttleton, yang meneliti secara khusus soal menendang penalti sempurna, yaitu ketika pemain tak langsung mengeksekusi selepas wasit meniup peluit.

Kondisi ini sebenarnya terjadi ketika Inggris mampu mencetak gol dengan baik pada gelaran Piala Dunia 2018.

Menendang secepat mungkin akan jadi kunci timnas Inggris bisa memenangi babak adu penalti, jika terjadi dalam laga melawan Senegal dalam gelaran Piala Dunia 2022.